10 Portal Berita Online yang Paling Sering Digunakan di Indonesia 2024

Detik.com, Kompas online, dan TVOne News online menjadi kanal berita online yang paling sering digunakan publik Indonesia.

10 Portal Berita Online yang Paling Sering Digunakan Publik Indonesia 2024

Sumber: Reuters Institute
GoodStats

Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah gaya hidup dan perilaku manusia, salah satunya dalam hal konsumsi informasi. Kehadiran internet telah memudahkan masyarakat dalam mencari sebuah informasi ataupun berita.

Berbagai media massa pun mulai beralih ke ranah digital dari yang semula hanya berfokus di media konvensional seperti koran, televisi, dan radio untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan Statistik Telekomunikasi Indonesia 2023, 76,08% masyarakat Indonesia mengakses internet untuk mencari informasi atau berita.

Menurut survei Reuters Institute, Detik.com menjadi kanal media massa digital yang paling sering digunakan oleh publik Indonesia. Sebanyak 50% responden mengakses kanal Detik.com setidaknya seminggu sekali.

Kompas online berada di urutan selanjutnya dengan pengguna mingguan sebanyak 39% responden. Tribunnews online masuk ke dalam tiga besar, 28% responden mengakses kanal Tribunnews online setiap minggu.

TVOne News online berada di peringkat keempat dengan 26% pengguna mingguan. CNN.com menutup lima besar dengan pengguna mingguan dari 25% responden.

Liputan 6 (SCTV News online) dan Metro TV News online masing-masing duduk di urutan keenam, terdapat 22% responden yang menggunakan kedua kanal media massa digital tersebut rutin setiap minggu. Kumparan.com menempati peringkat kedelapan dengan pengunjung mingguan sebanyak 17% responden.

Tempo.co berada di peringkat kesembilan dengan pengunjung mingguan dari 15% responden. Seputar Indonesia (RCTI News online) menutup 10 besar dengan total jawaban dari 13% responden.

Survei tersebut dilakukan pada akhir Januari hingga awal Februari tahun 2024 melalui kuesioner daring dengan jumlah responden sebanyak 2.008 orang. Target responden merupakan warga negara Indonesia dengan memperhatikan keterwakilan usia, jenis kelamin, serta berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Bagaimana Pola Anak Muda dalam Mencari Informasi Berita di Era Digital?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook