10 Provinsi Penghasil Manggis Terbesar di Indonesia

Jawa Barat memproduksi sekitar 115.023 ton manggis, setara dengan 29% dari total produksi manggis nasional yang sebesar 397.175 ton.

Manggis merupakan salah satu buah lokal asal Indonesia yang diproyeksikan dapat menjadi komoditas ekspor unggulan di masa depan. Sebagai buah eksotis yang hanya tumbuh di Indonesia, permintaan terhadap buah satu ini diprediksi akan terus meningkat. Sejumlah wilayah telah menjadi pusat budidaya buah manggis, salah satu yang paling tersohor ada di kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya dan di Kabupaten Purwakarta. 

Manggis dari Puspahiang dan Purwakarta tersebut bahkan sudah sampai diekspor ke luar negeri seperti Tiongkok, Dubai, Arab Saudi, hingga Prancis.

Sepanjang tahun 2023 lalu, Jawa Barat memproduksi sekitar 115.023 ton manggis, setara dengan 29% dari total produksi manggis nasional yang sebesar 397.175 ton. Hal ini menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi penghasil manggis terbanyak di Indonesia.

Jawa Timur menyusul di urutan kedua dengan memproduksi 84.244 ton. Sementara itu, urutan ketiga dipegang oleh Jawa Tengah dengan 38.867 ton buah manggis.

Sumatera Barat berada di posisi keempat dengan memproduksi 26.341 ton buah manggis, disusul Bali dengan produksi 21.566 ton manggis.

Kebalikannya, provinsi penghasil manggis terendah dipegang oleh DKI Jakarta dan Gorontalo, masing-masing memproduksi sebanyak 1 ton manggis.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook