6 Faktor Pembangun Loyalitas Pengunjung Kafe/Restoran

Pengalaman positif dari makanan, pelayanan, hingga kenyamanan dapat mendorong customer untuk melakukan kunjungan ulang ke suatu usaha kuliner.

6 Faktor Pembangun Loyalitas Pengunjung Cafe atau Restoran

Sumber: JakPat
GoodStats

Kafe atau restoran kini sering dikunjungi masyarakat Indonesia dari berbagai kelompok usia, baik untuk mengerjakan tugas, bekerja, merayakan hari spesial, atau sekadar nongkrong. Sebagian hanya berkunjung sekali, tetapi ada juga yang datang berkali-kali hingga akhirnya menjadi pengunjung loyal.

Survei yang dilakukan Jajak Pendapat (JakPat) pada 2023 mengungkap enam faktor pembangun loyalitas pengunjung kafe atau restoran.

Sebanyak 83% mengaku melakukan kunjungan kembali ke kafe atau restoran karena menu yang enak dan 78% berpendapat ruangan yang nyaman jadi alasan untuk repeat visit ke kafe tersebut.

Di samping itu, 70% setuju loyalitas mereka datang dari pelayanan kafe atau restoran yang cukup baik dan 64% mengatakan dari ruangan yang bersih.

Fasilitas yang baik juga dapat membangun loyalitas customer, terbukti sebanyak 45% datang kembali ke kafe atau restoran hanya karena fasilitasnya. Selain itu, 27% berpendapat tempat instagramable dan punya estetika indah juga menarik pengunjung untuk datang ke tempat kuliner kedua kalinya.

Nyatanya, pengalaman positif mulai dari makanan, pelayanan, hingga tempat dapat mendorong customer untuk melakukan kunjungan ulang dan perlahan-lahan membangun loyalitas mereka.

Meski sempat terkena dampak pandemi Covid-19, bisnis kuliner pada akhirnya kembali membaik per 2022 silam dan terus bertahan hingga kini. Jumlah pengunjung kafe dan restoran juga cenderung mengalami kenaikan di momen tertentu, seperti saat lebaran.

Menurut CEO Pusat Riset Visi Teliti Saksama Rikando Somba, tingginya jumlah pengunjung kafe atau restoran sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen.

“Dari beberapa segmen responden yang kami riset, ada yang menghabiskan Rp1-5 juta per bulan per individu untuk wisata kuliner atau ngopi. Bahkan ada yang sampai menghabiskan Rp30 juta meskipun jumlahnya hanya 3%,” ungkap Rikando, melansir Media Indonesia.

Untuk itu, dengan membangun loyalitas konsumen, usaha kafe dan restoran niscaya bisa terus bertahan kokoh di tengah gempuran persaingan yang ketat seperti saat ini.

Baca juga: 10 Restoran dengan Jumlah Gerai Terbanyak di Indonesia

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook