Daerah dengan Penduduk Terbanyak di Kota Bandung, Ada Daerahmu?

Sebagai kota terpadat di Jawa Barat, daerah terpadat di Kota Bandung dipegang oleh Kecamatan Babakan Ciparay, total penduduknya mencapai 146 ribu jiwa.

Menurut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah penduduk RI pada akhir 2023 telah mencapai 280,73 juta jiwa. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun 2022 yang sebesar 275,77 juta jiwa.

Berdasarkan jenis kelamin, maka 50,47% penduduk Indonesia berjenis kelamin laki-laki dan 139,05 juta jiwa sisanya berjenis kelamin wanita.

Wilayah dengan penduduk terbanyak masih dipegang oleh pulau Jawa, lebih tepatnya di provinsi Jawa Barat. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat total 49,9 juta penduduk di Jawa Barat. Provinsi terpadat berikutnya dipegang oleh Jawa Timur dengan 41,64 juta penduduk, disusul Jawa Tengah dengan 38,13 juta penduduk.

Kota Bandung merupakan kota terpadat di Jawa Barat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung mencatat jumlah penduduk Kota Bandung mencapai 2,5 juta di tahun 2023.

Sama seperti proporsi nasional, penduduk Kota Bandung didominasi laki-laki (50,12%) dibandingkan perempuan (49,88%).

Dengan luas 16.731 hektar, maka diperkirakan terdapat 152 jiwa per hektar di Kota Bandung. Hal ini membuat Kota Bandung sebagai salah satu kota terpadat di Indonesia. Dibandingkan kota-kota metropolitan lain seperti Surabaya dan Jakarta, luas Kota Bandung memang paling kecil.

Menurut BPS, daerah terpadat di Kota Bandung dipegang oleh Kecamatan Babakan Ciparay, dengan total penduduk sebanyak 146 ribu jiwa. Kecamatan Bandung Kulon berada di posisi kedua dengan 140 ribu penduduk, disusul Kiaracondong dengan 132 ribu jiwa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook