Mayoritas Pemilik Usaha eCommerce berusia 35 Hingga 44 Tahun

Berdasarkan data BPS, mayoritas umur pemilik usaha eCommerce pada 2022 berada dalam rentang usia 25 hingga 54 tahun.

Bisnis digital merupakan bisnis yang terbilang cukup kompetitif. Sehingga tentu peran pemilik usaha sangatlah penting dan krusial. Mereka merupakan individu atau kelompok yang bertanggung jawab atas arah, pengolahan, dan keberhasilan suatu usaha. Maka dari itu perlu dipadukan visi, kepemimpinan, kreativitas, dan pemahaman bisnis yang baik agar mampu membawa perusahaan menuju kesuksesan.

Dalam hal ini, berdasarkan data yang diolah oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melalui surveynya bahwa mayoritas umur pemilik usaha eCommerce pada 2022 berada dalam rentang usia 25 hingga 54 tahun. Yang mana rentang usia paling banyak memiliki usaha yakni pada usia 35-44 tahun yang sebesar 33,28%. Kemudian disusul oleh rentang usia 45-54 tahun yang sebesar 27,63%.

Selain itu gender penanggung jawab atau pemilih usaha eCommerce selama tahun 2022 masih didominasi oleh laki-laki dengan persentase 56,53%. Sedangkan persentase perempuan sebanyak 43,47%. Jika ditinjau lebih mendalam menurut kategori, usaha di kategori penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum, pendidik dan aktivitas kesehatan dan sosial banyak dipegang oleh pemiliki yang bergender perempuan.

Sementara dari sisi pendidikan, 77,84% pemilik usaha eCommerce didominasi lulusan SMA/SMK sederajat kebawah. Fenomena tingginya pekerja dengan pendidikan SMA/SMK sederajat kebawah sejalan dengan hasil Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2022 di mana persentase penduduk yang bekerja dengan pendidikan SMA/SMK sederajat sebesar 87,68%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook