10 Negara dengan Jumlah Pemenang Nobel Terbanyak Sepanjang Masa

Penghargaan Nobel adalah penghormatan tertinggi bagi individu yang sudah berkontribusi terhadap dunia. Siapakah negara dengan pemenang Nobel terbanyak?.

Penghargaan Nobel adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia. Penghargaan ini diberikan untuk mengakui pencapaian luar biasa di berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti matematika, fisika, ekonomi, dan lain-lain.

Sejak tahun 1901, penghargaan ini diberikan kepada setiap individu setiap tahunnya. Menerima penghargaan Nobel diakui sebagai penghormatan tertinggi yang dapat diraih oleh seseorang yang sudah berkontribusi besar terhadap dunia.

Berdasarkan Wisevoter, Amerika Serikat menjadi negara dengan individu pemenang penghargaan Nobel terbanyak. Angka yang didapatkan Amerika Serikat berada jauh di atas negara lainnya, dengan total pemenang sebanyak 400 individu sepanjang masa.

Beberapa nama peraih Nobel dari Amerika Serikat memang sudah dikenal oleh banyak masyarakat dunia. Sebut saja, Martin Luther King Jr, penulis dan penyanyi Bob Dylan, dan mantan presiden Barack Obama yang baru mendapatkan penghargaan pada tahun 2009.

Di urutan kedua adalah Inggris dengan jumlah pemenang sebanyak 137 individu. Salah satu tokoh pemenang dari Inggris adalah J. J. Thomson yang memiliki banyak sekali kontribusi terhadap ilmu fisika terutama teori atom dan elektron.

Selanjutnya, Jerman memiliki 111 pemenang Nobel. Negara ini mencetak beberapa tokoh fenomenal seperti Most Important People of The Century yaitu Albert Einstein.

Pada urutan berikutnya adalah Prancis dengan total 71 pemenang. Salah satu tokohnya adalah Albert Camus yang merupakan seorang filsuf, jurnalis, dan penulis yang memenangkan penghargaan Nobel di bidang literatur.

Lebih lanjut, Swedia memiliki 32 pemenang dan diikuti oleh Rusia dengan 30 pemenang. Berada sedikit di bawahnya, terdapat Jepang dan Kanada dengan perolehan sebanyak 29 dan 28 pemenang. Pada urutan berikutnya adalah Swiss dengan 27 pemenang, Austria dengan 22 pemenang, dan terakhir adalah Belanda dengan 22 pemenang Nobel.

Baca Juga: Negara Sains Terbaik di Asia, Indonesia Nomor Berapa?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook