Indonesia memiliki perusahaan-perusahaan besar yang mendominasi pasar domestik dan internasional, terutama dari sektor telekomunikasi, perbankan, energi, dan manufaktur. Banyaknya perusahaan Indonesia yang sukses memperoleh pendapatan tinggi ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan, didukung oleh potensi pasar domestik dan internasional.
Menurut Brand Finance, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi perusahaan terbesar di Indonesia dengan nilai merek sebesar US$5,365 miliar. Akan berusia 129 tahun pada 16 Desember mendatang, BRI telah menunjukkan kontribusi masifnya bagi negara. Di tahun 2023, sudah ada lebih dari 190 penghargaan diberikan pada perbankan tersebut.
Pertamina mengisi posisi kedua dengan brand value sebesar US$4,457 miliar. BUMN yang bergerak di sektor minyak dan gas bumi ini punya peran strategis dalam menyediakan kebutuhan energi nasional, memberikan pangsa pasar yang besar dan stabil, terutama dalam distribusi BBM dan LPG.
Di posisi ketiga ada Bank Mandiri dengan total nilai merek sebesar US$3,675 miliar. Tingginya nilai ini didorong oleh layanan digitalnya yang semakin berkembang. Bank Mandiri memiliki keunggulan dalam melayani nasabah korporasi, termasuk perusahaan besar di sektor energi, infrastruktur, dan manufaktur. Pendapatan dari kredit korporasi menjadi kontributor utama dalam meningkatkan performa keuangan.
Peringkat keempat diisi oleh Telkom Indonesia dengan nilai brand sebesar US$3,455 miliar. Telkom adalah perusahaan telekomunikasi di Indonesia dengan layanan yang mencangkup telepon, internet dan televisi berlanggan. Perusahaan ini juga mendapat penghasilan dari OTT (Over The Top), aplikasi digital, dan konten multimedia yang terus berkembang seiring perubahan pola konsumsi pelanggan.
Kembali dari sektor perbankan, BCA mengisi posisi kelima dengan brand value mencapai US$3,166 miliar. Tingginya loyalitas nasabah memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan yang stabil.
Diversifikasi produk dan layanan yang luas termasuk inovasi di berbagai sektor digital menjadi pendorong utama deretan perusahaan di atas berhasil menjangkau pasar yang lebih besar dan meningkatkan brand value. Strategi yang tepat, inovasi yang berkelanjutan, dan manajemen yang efisien menjadikan perusahaan di atas mendominasi pasar di 2024.
Baca Juga: 10 Perusahaan yang Paling Banyak Mengakuisisi Start-Up