Sebelumnya, banyak masyarakat yang mencari informasi seputar tren keperluan produk kecantikan atau kosmetik layaknya pembersih wajah, sunscreen, pelembab dan lainnya melalui media konvensional seperti majalah, televisi, atau radio. Namun saat ini, informasi tersebut bisa dengan mudah diperoleh melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Media sosial menjadi salah satu sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari tahu tentang tren produk kecantikan terbaru.
Berdasarkan survei yang dilakukan Populix, sebanyak 65% responden menyebutkan bahwa mereka mendapatkan informasi mengenai produk kecantikan dari media sosial. Media sosial juga menjadi tempat bagi para influencer dan beauty vlogger untuk membagikan informasi mengenai produk kecantikan yang mereka gunakan. Mereka sering kali memberikan review dan tutorial penggunaan produk kecantikan yang dapat membantu masyarakat dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, media sosial juga menjadi tempat bagi para brand kecantikan untuk mempromosikan produk mereka melalui iklan dan kolaborasi dengan influencer.
Selanjutnya, 27% responden menyebutkan bahwa mereka mendapatkan informasi mengenai produk kecantikan dari marketplace dan e-commerce. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat juga mencari informasi mengenai produk kecantikan melalui platform jual beli online.
Marketplace dan e-commerce sering kali menyediakan informasi produk kecantikan seperti deskripsi produk, harga, dan review dari pengguna lain. Hal ini memudahkan masyarakat dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Terlebih lagi, saat ini banyak marketplace dan e-commerce yang menyediakan fitur live shopping yang memungkinkan pengguna untuk melihat produk secara langsung dan berinteraksi dengan penjual. Hal ini membuat masyarakat semakin tertarik untuk membeli produk kecantikan secara online.
Di sisi lain, Milenial masih sering memanfaatkan media periklanan di televisi dan juga digital sebagai sumber informasi produk kecantikan, dengan angka mencapai 14%. Angka ini signifikan disebutkan oleh generasi Milenial, menunjukkan bahwa meskipun media sosial menjadi salah satu sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, media konvensional seperti televisi dan digital juga masih memiliki peran penting dalam memberikan informasi mengenai produk kecantikan.
Adapun survei dilakukan oleh Populix secara daring kepada 961 responden pengguna skincare di Indonesia. Responden berasal dari berbagai kelompok usia, dengan dominasi Gen Z dan Milenial, serta sebagian besar merupakan pekerja aktif yang rutin membeli produk perawatan kulit.
Baca juga: Pembersih Wajah Jadi Produk Skincare Paling Sering Dibeli