Simak! Inilah Alasan Produk Skincare dan Makeup Korea Selatan Bisa Mendunia

Produk skincare dan makeup asal Korea Selatan bisa terkenal karena 5 alasan dan berbagai faktor pendorong. Bahkan, strategi pemasaran pun juga berkontribusi.

Kepopuleran K-Beauty membawa nama Korea Selatan semakin mendunia. Berkat kesuksesan produk kecantikannya di pasar global, Korea Selatan sempat menjadi salah satu eksportir kosmetik terbesar setelah Prancis, Amerika Serikat, dan Jerman.

Kesuksesan industri tersebut salah satunya didorong oleh kemunculan tren-tren yang berkaitan dengan produk kecantikan dari negeri ginseng, sebut saja tren kulit glowing, 10 step skincare, hingga riasan aegyo sal.

Melihat frekuensi pembeliannya, peminat K-Beauty tercatat membeli produk skincare dan kosmetik Korea Selatan sekali dalam beberapa bulan (64%). Beberapa tercatat membeli setiap sebulan sekali (16,4%), setahun sekali (11,6%), bahkan ada juga yang mingguan (7,9%).

Banyaknya peminat pada K-Beauty tentunya bukan tanpa alasan. Survei yang dilakukan Standard Insights mengklasifikasikan 5 alasan dibalik ramainya pembelian produk perawatan kulit dan kosmetik asal Korea Selatan.

Sebanyak 57,1% orang membeli produk skincare dan makeup Korea Selatan karena produknya dianggap dapat mempercantik penampilan. Penilaian ini muncul karena produk dari negeri ginseng tersebut memang terkenal akan kualitasnya yang tidak main-main.

Selanjutnya, alasan kesehatan juga membuat tingkat penjualan produk skincare dan makeup Korea Selatan melambung, dengan proporsi 15,9%.

Alasan ketiga yang mendorong 14,8% orang untuk membeli produk K-Beauty adalah kemampuan produknya untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman pada diri sendiri. 

Berikutnya, sebanyak 8,5% orang ternyata membeli produk K-Beauty untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hal ini terjadi karena produk K-Beauty punya reputasi yang baik di pasar berkat banyaknya bukti perubahan positif akibat pemakaian skincare Korea. 

Selain itu, produk makeup juga terkenal akibat idola K-Pop yang kini tengah mendunia. Dapat meniru riasan idola yang biasa dilihat di layar kaca tentunya membantu meningkatkan rasa percaya diri pengguna produk.

Terakhir, 3,7% orang termotivasi untuk membeli produk kecantikan asal Korea Selatan karena mendapat rekomendasi dari seorang profesional.

Selain 5 alasan tersebut, produk K-Beauty juga ramai peminat karena didorong oleh berbagai faktor, seperti kualitas (52,4%), harga (42,3%), kandungan bahan (35,4%), reputasi brand (29,1%), rekomendasi (15,9%), pengaruh endorse dari artis (3,7%), kemasan (0,5%), dan alasan lainnya (1,6%).

Adapun strategi pemasaran yang tepat juga ikut berkontribusi pada besarnya jumlah penjualan produk perawatan kulit dan kecantikan asal Korea Selatan.

“Tim pemasarannya melacak tren tanpa henti dan beradaptasi dengan cepat, membuat konsumen bertanya-tanya produk apa yang akan muncul selanjutnya dan di saat yang bersamaan dengan mudahnya memperkuat hubungan emosional dengan konsumen,” tulis Standard Inisghts dalam laporannya.

Baca juga: Penggunaan Makeup Bagi Wanita Indonesia, Penting atau Tidak?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook