Di tengah kesibukan kehidupan yang begitu padat, bermain gim dapat menjadi solusi untuk beristirahat sejenak. Seiring berkembangnya teknologi, variasi gim digital yang tersedia di pasaran pun semakin berkembang. Kini bermain gim tidak hanya terbatas di komputer atau konsol saja, perangkat ponsel sekarang juga bisa dijadikan alat untuk bermain gim.
Dengan permintaan yang terus bertambah, tiap tahunnya pendapatan dari industri gim terus meningkat. Berdasarkan laporan Boston Consulting Group, pada tahun 2025 pendapatan industri gaming global diperkirakan menyentuh US$232 miliar.
Berdasarkan laporan Newzoo, dari sekian banyak perusahaan gim yang ada di dunia, Tencent jadi perusahaan gim paling untung pada Kuartal I 2025, dengan pendapatan mencapai US$9.666,4 juta. Pendapatan Tencent ini bahkan mengalahkan raksasa teknologi Microsoft di peringkat kedua, yang hanya mendapatkan US$5.492,1 juta dari penjualan gim. Sony, sebagai salah satu perusahaan gaming tertua di dunia berada di posisi ketiga dengan pendapatan sebanyak US$5.241,3 juta.
Apple tak disangka masuk di peringkat keempat dengan pendapatan sebesar US$4.190,6 juta dari penjualan gim. Posisi terakhir di lima besar jadi milik NetEase dengan pendapatan sebesar US$3.229,3 juta.
Electronic Arts harus puas berada di peringkat keenam dengan total pendapatan sebanyak US$1.895 juta. Selain valuasinya yang besar, ternyata Google juga memiliki pendapatan yang cukup besar dari penjualan gim, berhasil meraup US$1.861,6 juta. Take Two Interactive menempati urutan kedelapan dengan total pendapatan sebesar US$1.473,8.
Perusahaan asal China kembali muncul di posisi kedua terakhir, yaitu Century Huatong Group dengan pendapatan sebanyak US$1.035,7. Roblox jadi penutup sepuluh besar dengan total pendapatan US$1.035,2 juta. Popularitas Roblox yang naik daun akhir-akhir ini nampaknya berdampak banyak pada pendapatan perusahaannya.
Data di atas hanya menunjukkan pendapatan dari penjualan gim pada Kuartal I 2025, penjualan perangkat keras dan barang non-gim lainnya dikecualikan dalam analisis tersebut.
Baca Juga: 95% Pengguna Internet Indonesia Bermain Video Games
Sumber:
https://www.bcg.com/publications/2024/leveling-up-new-reality
https://newzoo.com/resources/rankings/top-25-companies-game-revenues