10 Pemimpin Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia 2024

Pemimpin negara mendapatkan gaji besar sesuai dengan status dan tanggung jawabnya.

Kompensasi yang diterima oleh kepala negara sering kali jauh melebihi pendapatan rata-rata warga negara mereka. Hal ini mencerminkan tanggung jawab besar yang diemban oleh para pemimpin tersebut. Berikut ini adalah 10 pemimpin negara dengan gaji tertinggi di dunia berdasarkan pendapatan tahunan.

1. Raja Salman, Arab Saudi (US$9,60 Miliar per Tahun)

Raja Salman memimpin Arab Saudi dengan pendapatan tahunan sebesar US$9,60 miliar. Tanggung jawab dan kekuasaan yang dimilikinya dalam mengelola negara kaya minyak ini dianggap setara dengan kompensasi yang diterima.

2. Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Uni Emirat Arab (US$4,61 Miliar per Tahun)
Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, menerima pendapatan tahunan sebesar US$4,61 miliar. UAE adalah federasi yang terdiri dari beberapa emirat kaya minyak dengan masing-masing dipimpin oleh penguasa turun temurun.

3. Sheikh Mishal Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, Kuwait (US$165 Juta per Tahun)

Emir Kuwait Sheikh Mishal Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, mendapatkan royal allocation tahunan sebesar US$165 juta. Dana ini mendukung peran Emir sebagai kepala negara dan memastikan kesejahteraan keluarga kerajaan.

4. Raja Mswati III, Eswatini (US$56,05 Juta per Tahun)

Raja Mswati III memimpin Eswatini dengan pendapatan tahunan US$56,05 juta. Meski negara ini kecil, Raja Mswati III memiliki pengaruh besar dan menerima dukungan finansial yang signifikan untuk menjalankan tugas-tugasnya.

5. Pangeran Albert II, Monako (US$52,06 Juta per Tahun)

Monako, meski kecil secara wilayah, memiliki pendapatan tinggi untuk pemimpinnya. Pangeran Albert II menerima pendapatan tahunan sebesar US$52,06 juta sesuai status dan tanggung jawabnya dalam memimpin negara kaya tersebut.

6. Raja Harald V, Norwegia (US$33,24 Juta per Tahun)

Raja Harald V dari Norwegia mendapatkan pendapatan tahunan sebesar US$33,24 juta. Norwegia adalah negara dengan monarki mapan, dan Raja Harald V menerima kompensasi besar untuk tugasnya sebagai kepala negara.

7. Raja Carl XVI Gustaf, Swedia (US$15,75 Juta per Tahun)

Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia mendapatkan pendapatan tahunan sebesar US$15,75 juta. Swedia, sebagai negara Nordik terbesar, memberikan gaji besar untuk rajanya sebagai pengakuan atas peran simbolis dan administratifnya.

8. Henri Albert Gabriel Félix Marie Guillaume, Luksemburg (US$12,33 Juta per Tahun)

Pemimpin negara Luksemburg menerima pendapatan tahunan sebesar US$12,33 juta. Sebagai satu-satunya kadipaten agung yang masih ada di dunia, Luksemburg memiliki sistem pemerintahan yang unik.

9. Raja Frederik X, Denmark (US$11,35 Juta per Tahun)

Raja Frederik X dari Denmark memperoleh pendapatan tahunan sebesar US$11,35 juta. Denmark adalah negara Skandinavia yang terkenal dengan kesejahteraan sosial dan monarki konstitusionalnya.

10. Sultan Haitham bin Tariq, Oman (US$7,24 Juta per Tahun)

Sultan Haitham bin Tariq memimpin Oman dengan pendapatan tahunan $7,24 juta. Sebagai Perdana Menteri dan Sultan, ia memegang posisi eksekutif tertinggi di negara tersebut.

Kompensasi yang diterima oleh para pemimpin ini mencakup gaji sekaligus berbagai tunjangan dan fasilitas. Dengan gaji yang sangat tinggi, para pemimpin ini memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola negara mereka. Perbedaan pendapatan antara pemimpin dan rakyatnya dianggap wajar mengingat tanggung jawab yang mereka pikul.

Baca Juga: 10 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia 2023

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook