10 Perbedaan Shopping List Laki-laki & Perempuan Saat Ramadan 2025

Laki-laki menggunakan uang mereka untuk belanja barang fungsional, sementara perempuan lebih fokus pada kebutuhan estetika.

Daftar Belanja Terpopuler Ramadan 2025

Sumber: Jakpat
GoodStats

Memasuki bulan Ramadan, aktivitas belanja masyarakat Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Kebutuhan yang mendukung kenyamanan beribadah menjadi prioritas utama. Menariknya, ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam menentukan barang belanjaan mereka selama bulan suci ini.

Berdasarkan survei Jakpat terhadap 1.054 responden pada 15-16 Januari 2025, mayoritas baik laki-laki maupun perempuan sepakat menjadikan pakaian sebagai kebutuhan utama. Sebanyak 93% responden laki-laki dan 90% responden perempuan memasukkan pakaian ke dalam daftar belanja Ramadan mereka. Perlengkapan ibadah juga menjadi prioritas, dengan 70% laki-laki dan 65% perempuan berencana untuk membelinya.

Namun, ketika berbicara tentang aksesoris, perempuan lebih dominan memasukkannya ke dalam shopping list mereka. Sebanyak 68% responden perempuan mengalokasikan dana untuk aksesoris, sementara di kalangan laki-laki hanya 46% responden yang melakukannya. Begitu pula dengan skincare yang menjadi kebutuhan utama bagi 54% responden perempuan, tetapi hanya menarik 19% responden laki-laki.

Perbedaan lainnya terlihat pada sepatu dan sandal. Meski bukan kebutuhan utama, 59% responden perempuan dan 54% responden laki-laki berencana membeli alas kaki baru. Dekorasi rumah menjadi kebutuhan yang cukup seimbang, dengan 34% responden perempuan dan 33% responden laki-laki ingin mempercantik rumah mereka untuk menyambut bulan suci.

Untuk urusan tas dan dompet, perempuan lebih dominan dengan 31% dibandingkan dengan laki-laki yang hanya 24%. Sementara itu, perabot rumah tangga lebih diminati oleh laki-laki (17%) dibanding perempuan (13%).

Di kategori barang elektronik dan gawai, laki-laki tampaknya lebih tertarik untuk menyisihkan uangnya. Sebanyak 18% responden laki-laki memasukkan gawai ke daftar belanja mereka, sementara perempuan hanya 11%. Hal serupa terjadi pada elektronik, dengan 12% laki-laki berencana membelinya, berbanding 6% perempuan.

Dari survei ini, terlihat bahwa laki-laki lebih fokus pada kebutuhan fungsional seperti pakaian, perlengkapan ibadah, dan barang elektronik. Sementara itu, perempuan lebih memperhatikan aspek estetika dengan belanja aksesoris, skincare, serta tas dan dompet.

Baca Juga: E-Commerce Jadi Tempat Belanja Elektronik Terpopuler di Ramadan 2025

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook