E-commerce Jadi Tempat Belanja Elektronik Terpopuler di Ramadan 2025

E-commerce menjadi pilihan utama responden dalam membeli produk elektronik dengan raihan 74%.

Tempat Pembelian Barang Elektronik Saat Ramadan 2025

Sumber: Populix
GoodStats

Berdasarkan survei terbaru Populix dengan tajuk Perilaku Belanja di Bulan Ramadan 2025 yang membahas strategi belanja Ramadan di tengah kenaikan PPN, sejumlah produk mulai dari perlengkapan fashion hingga barang elektronik tetap menjadi prioritas pembelian bagi sebagian orang di Ramadan tahun 2025.

Penelitian ini melibatkan 1.119 responden pada Desember 2024, didominasi oleh profesional muda yang tinggal di kota besar di seluruh Indonesia, dengan daya beli kelas menengah ke atas.

Dari total partisipan, sebanyak 7% responden Muslim berencana tetap membeli barang elektronik di momen Ramadan ini, seperti kebiasaan mereka di luar momen Ramadan. Hal ini terutama didorong karena adanya promo atau diskon besar-besaran yang ditawarkan menyambut Lebaran. Smartphone menjadi produk utama yang paling banyak dibeli, diikuti peralatan dapur (rice cooker, blender, dan oven), hingga peralatan rumah tangga (TV, kulkas, dan AC).

Mayoritas responden (74%) memilih e-commerce sebagai kanal utama untuk berbelanja elektronik di momentum Ramadan dan Lebaran. Toko elektronik fisik juga masih tetap menjadi alternatif populer dengan 69% responden memilih berbelanja langsung di toko. Meskipun e-commerce mendominasi, toko elektronik fisik tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen, seperti dapat mengamati langsung produk sebelum membeli.

Lebih lanjut, beberapa kategori toko lain juga masih menjadi pilihan, meskipun mengoleksi persentase yang lebih kecil. Supermarket dipilih oleh 37% responden, diikuti oleh website resmi merek elektronik (31%), hypermarket (29%), dan website resmi toko elektronik (26%).

Kemudahan dan fleksibilitas dalam berbelanja online menjadi faktor utama yang mendorong dominasi e-commerce. Konsumen cenderung mencari opsi yang lebih praktis dibandingkan harus mengunjungi toko fisik. Penawaran harga menarik juga menjadi faktor utama pembelian.

Meski demikian, penelitian secara keseluruhan menunjukkan konsumen cenderung menunggu hingga setelah Ramadan untuk membeli produk elektronik, kecuali ada penawaran khusus.

Responden juga mengungkapkan bahwa tujuan membeli barang elektronik saat Ramadan adalah karena kebutuhan akan barang baru mengingat barang lama yang dimiliki sudah rusak atau usang.

Baca Juga: Shopee Jadi E-commerce Terpopuler Selama Ramadan 2024

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook