Pasca pandemi Covid-19, banyak aktivitas dan perilaku masyarakat yang turut berubah, termasuk perilaku belanja masyarakat. Berkembangnya alat transaksi berupa uang digital dan bergesernya tren belanja ke online menjadi salah satu alasan kuat.
Seperti yang tercatat dalam hasil survei yang dilakukan Goodstats mengenai preferensi fesyen anak muda 2022, hasilnya bahwa tempat yang biasa responden kunjungi untuk mendapatkan barang fesyen yakni di website/aplikasi online shop sebesar 46,4 persen. Serta sebanyak 9,2 persen memilih media sosial sebagai tempat untuk memberi barang fesyen.
Dari hasil tersebut terlihat bahwa 55,6 persen dari responden memilih untuk berbelanja secara online. Hal ini dikarenakan sejumlah masyarakat yang sering mencari diskon ketika berbelanja barang fesyen, dan diskon tersebut seringkali didapatkan saat berbelanja secara online. Sementara itu sebagian lainnya beranggapan bahwa lokasi untuk membeli barang fesyen bukanlah masalah, asalkan produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik.
Dalam hasil survey ini mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 52,1 persen. Sementara sisanya berjenis kelamin perempuan sebanyak 47,9 persen.