PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil membuat Indonesia bangga dengan menempati posisi pertama sebagai brand perbankan terkuat di dunia pada tahun 2024 oleh Brand Finance. Mengutip laporan Top 500 Banking Brands dari Brand Finance, BCA mengungguli 500 brand perbankan global ternama lainnya di seluruh dunia, ada yang berasal dari Amerika Serikat, Asia, Eropa, hingga Afrika.
Adapun BCA memperoleh nilai Brand Strength Index (BSI) sebesar 93,8 dari 100. BCA juga mencatatkan rating brand yang sempurna, yakni AAA+. Sementara itu pada tahun 2023, BCA memperoleh BSI sebesar 92,9.
"Rata-rata, brand perbankan Asia dan Afrika memiliki kekuatan brand paling besar. Hal ini sebagian besar disebabkan kedua benua tersebut memiliki banyak pemain perbankan nasional yang kuat dalam masing-masing pasar. Kelompok Asia sendiri dipimpin oleh BCA, yang menjadi brand terkuat di antara Top 500 Banking Brands dengan nilai BSI sebesar 93,8 dan rating AAA+," ungkap CEO Brand Finance Davis Haigh dalam laporannya.
Setelah BCA, Equity Bank dari Kenya berada di urutan kedua dengan 92,5 poin, disusul oleh Banca Transilvania dari Romania dan First National Bank dari Afrika Selatan, keduanya sama-sama memperoleh 92,3 poin.
Brand Finance mengukur kekuatan suatu brand berdasarkan kesehatan brand tersebut secara keseluruhan, yang mencerminkan posisi brand dalam hati dan pikiran pelanggan.
“Mewakili segenap manajemen dan karyawan BCA, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Brand Finance yang telah menobatkan BCA sebagai brand perbankan terkuat di dunia. Apresiasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan solusi perbankan bagi kebutuhan nasabah yang beragam,” ungkap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, mengutip laman resmi BCA.