Di tengah maraknya industri musik global yang beralih ke penjualan dan unduhan secara digital, K-Pop menjadi salah satu genre yang memberikan fokus besar ke penjualan album-album fisiknya dibandingkan genre lain. Hal ini tak lepas dari bervariasinya cara fans dalam menikmati karya-karya musik, khususnya di Korea Selatan.
Konsumsi musik di Korea Selatan bagi sebagian orang tak sekadar streaming di platform digital. Terdapat tujuan lain dalam membeli album fisik, yang tak lain adalah untuk koleksi dan mendukung sang artis secara langsung.
BTS, sebagai raja K-Pop masa kini, memuncaki jajaran album fisik terlaris di Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, boy group asal HYBE itu menjual hampir 3,5 juta album Proof di sepanjang 2022.
Boy group asal JYP Entertainment yang debut pada 2018, Stray Kids, menempati peringkat kedua dengan Maxident yang mencapai 3,18 juta penjualan. Sedangkan Face The Sun, milik SEVENTEEN yang debut pada 2015, menempati peringkat ketiga dengan total penjualan 2,87 juta unit.
Menjadi satu-satunya grup asal YG Entertainment sekaligus girl group dengan penjualan album fisik tertinggi di 2022, BORN PINK milik BLACKPINK menempati posisi keempat dengan penjualan 2,52 juta unit.
NCT DREAM menjadi grup besutan SM Entertainment dengan penjualan tertinggi yakni sebesar 2,1 juta album. Urutan berikutnya ada unit NCT lain, NCT 127, meraih 1,83 juta dengan album 2 Baddies.
Daftar berikutnya kembali diraih oleh boy group asal HYBE yang debut pada 2019 lalu, TXT menempati peringkat ketujuh dan berhasil menjual 1,81 juta album dengan Minisode 2 : Thursday's Child.
Selain BLACKPINK, girl group yang masuk ke jajaran album fisik terlaris diraih oleh aespa yang debut di bawah naungan SM Entertainment pada 2020 lalu. Berhasil meraih 1,8 juta penjualan album dengan Girls, aespa menempati peringkat ke-8.
Kemudian, Stray Kids berhasil menempati daftar album fisik terlaris untuk kedua kalinya sepanjang 2022, melalui penjualan album ODDINARY yang berhasil terjual sebesar 1,76 juta unit.
Urutan terakhir kembali ditempati oleh girl group yang tergolong rookie yang debut pada 2021 silam. IVE di bawah naungan Starship Entertainment berhasil menjual 1,65 juta unit dengan After LIKE.