Squid Game merupakan drama survival asal Korea Selatan yang dirilis di Netflix pada September 2021 lalu, bercerita tentang 456 kontestan yang berjuang menghadapi masalah keuangan serius yang kemudian diundang untuk berkompetisi dalam serangkaian permainan anak-anak tradisional yang mematikan.
Dengan memperebutkan hadiah utama yang nilainya fantastis, kompetisi brutal ini mengungkap tema ketidaksetaraan sosial, keputusasaan dan ketahanan manusia yang menarik perhatian pada sisi gelap tekanan ekonomi dalam masyarakat modern. Menurut laporan internal Netflix, Squid Game bahkan meraup keuntungan sebesar US$900 juta dalam beberapa minggu setelah dirilis.
Musim kedua dari Squid Game dikabarkan akan tayang perdana pada akhir Desember 2024. Squid Game Season 2 dimulai tiga tahun setelah Seong Gi-Hun, pemenang di musim pertama, memutuskan untuk menghentikan permainan berbahaya ini. Dia menggunakan hadiahnya untuk mencari para pengelola di balik permainan.
Langkah pertamanya dengan melacak perekrut misterius yang dulu menariknya dengan permainan ddakji di bawah stasiun kereta bawah tanah. Gi-Hun malah akhirnya terjebak kembali ke dalam permainan dengan versi tantangan terbaru yang lebih mematikan, bahkan melibatkan banyak pemain yang jauh lebih kuat.
Squid Game musim pertama mendapat polularitas besar dengan respon positif di berbagai negara. Serial ini mendapatkan rating rata-rata 8,0/10 dari penonton di seluruh dunia berdasarkan lebih dari 574.000 ulasan di IMDb.
India, Amerika Serikat, Inggris, Turki, dan Jerman menjadi negara yang paling banyak memberi ulasan. Di India, rata-rata rating Squid Game mencapai 8,3, tertinggi dibanding negara lain dalam daftar. Amerika bertengker di posisi kedua dengan rata-rata rating penonton 8,2, disusul Inggris dengan rata-rata rating sebesar 8,1, kemudian Turki dan Jerman dengan 7,7.
Baca Juga: Industri Film Indonesia Didominasi Rilisan Horor pada 2023