Termasuk Pengguna Berat, Gen Z dan Milenial Jadi Mayoritas Konsumen OTT

Lebih dari 50% pengguna OTT di Indonesia berasal dari kalangan 16 hingga 34 tahun.

Persentase Usia Pengguna OTT di Indonesia

Sumber: Kantar dan The Trade Desk
GoodStats

OTT atau Over-the-top merupakan sebuah layanan streaming yang menayangkan konten di internet. Pada beberapa tahun terakhir, perkembangan internet sekaligus kebutuhan hiburan yang tinggi membuat OTT jadi semakin digemari.

Kantar bersama The Trade Desk mempublikasikan survei terkait penggunaan OTT di Indonesia. Berdasarkan survei, OTT semakin diminati karena sifatnya yang fleksibel. Artinya, kita dapat menonton apa pun, kapan pun, di perangkat apa pun, dan di mana pun.

Kantar dan The Trade Desk turut mengungkapkan persebaran pengguna OTT berdasarkan umur. Survei tersebut mempelihatkan bahwa 52% pengguna OTT adalah Gen Z dan Milenial muda, yaitu di kisaran umur 16 hingga 34 tahun.

Lebih rinci lagi, 23% pengguna OTT berada di umur 16 hingga 24 tahun. Fakta ini ditambah dengan kenyataan bahwa 38% dari golongan umur tersebut adalah pengguna berat (heavy user) OTT atau penggunaan OTT lebih dari 4 jam.

Milenial muda atau 25 hingga 34 tahun turut menyumbang persentase terbanyak pengguna OTT di Indonesia. Survei menunjukkan golongan umur ini mempunyai persentasi sebesar 29%.

Golongan umur 35 hingga 44 tahun juga mempunyai persentase yang cukup banyak, yaitu di angka 21%. Sementara itu, pengguna OTT di umur 45 hingga 54 tahun mempunyai persentasi sebanyak 17%. Sedangkan persentase pengguna OTT umur 55 keatas adalah 10%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook