Melansir perusahaan riset Business of Apps, sepanjang tahun 2023, TikTok diunduh sebanyak 67,4 juta kali, menjadikannya aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia. CapCut berada di urutan kedua dengan total 53,9 juta kali unduhan.
Sementara itu, posisi ketiga dipegang oleh media sosial Facebook yang mengumpulkan lebih dari 52,8 juta unduhan. Instagram menyusul tipis di urutan keempat dengan 50,6 juta unduhan. Menutup posisi lima besar, Shopee diunduh sebanyak 42,5 juta kali, membuatnya duduk di peringkat kelima.
Selain kelima aplikasi tersebut, WhatsApp, DANA, WhatsApp Business, GoTube, hingga SHAREit juga masuk ke dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun 2023.
Popularitas TikTok nyatanya tidak hanya dirasakan di dalam negeri. Pada bulan Januari 2024, TikTok masuk ke dalam 5 besar media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia, dengan total sebanyak 1,56 miliar pengguna. Media sosial satu ini bahkan mengalahkan Telegram, FB Messenger, X(Twitter), dan Snapchat dari segi jumlah pengguna.
Berbeda dengan aplikasi, situs web yang paling banyak dikunjungi di Indonesia sepanjang tahun 2023 didominasi oleh situs anime, mulai dari Shinigami.id (dengan jumlah kunjungan 630,57 juta), Kiryuu.id (dengan jumlah kunjungan 206,5 juta), hingga Komiku.id (dengan jumlah kunjungan sebesar 189,49 juta).