Merawat kulit dengan skincare kini telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda agar wajah tampak sehat dan terawat. Serum wajah menjadi salah satu rangkaian penting skincare routine. Produk yang biasanya di-apply dengan cara diteteskan dan diratakan ke wajah ini punya banyak khasiat seperti melembabkan, bikin cerah, hingga glowing sepanjang hari.
Tak heran, produk serum wajah pun kian diburu, terutama di platform e-commerce seperti Shopee yang menjadi destinasi belanja favorit masyarakat Indonesia.
Dalam analisis yang dilakukan oleh Compas, terlihat bagaimana persaingan merek serum wajah semakin ketat di pasar online. Dari ribuan brand yang bersaing di Shopee Indonesia sepanjang Januari hingga Maret 2025, Skintific berhasil memimpin pasar dengan pangsa 9,09%, jauh mengungguli pesaing terdekatnya, Hanasui, yang berada di posisi kedua dengan 5,82%.
Di posisi ketiga ada Glad2Glow dengan pangsa pasar 4,96%, disusul oleh Skin1004 (4,67%) dan D'Alba (4,22%). Nama-nama ini menunjukkan dominasi brand skincare yang fokus pada kualitas bahan aktif dan inovasi produk di tengah tren perawatan kulit yang semakin beragam.
Beberapa merek lain yang juga masuk dalam daftar 10 besar antara lain La Roche-Posay (2,81%), Avoskin (2,68%), Somethinc (2,56%), Wardah (2,32%), hingga Ms Glow (2,13%). Nama-nama ini menjadi bukti tingginya minat konsumen Indonesia terhadap serum wajah yang dapat memenuhi kebutuhan kulit mereka, mulai dari hidrasi hingga mencerahkan wajah.
Menariknya, Hanasui berhasil naik peringkat dengan menurunkan posisi Glad2Glow dan Skin1004 yang sebelumnya menempati posisi kedua dan ketiga pada Kuartal II 2024 dengan pangsa pasar masing-masing 6,07% dan 4,72%, sementara Hanasui saat itu masih berada di angka 4,52%.
D'Alba juga mengalami kenaikan tiga peringkat, menggeser La Roche-Posay dan Avoskin. Sementara itu, Wardah menjadi pendatang baru di 10 besar, menggantikan SK-II yang kini hilang dari radar setelah sebelumnya sempat berada di peringkat tujuh.
Data ini dikumpulkan dari toko resmi dan non-resmi di Shopee, dengan catatan hanya produk yang memiliki rating di atas bintang empat yang dihitung. Hal ini tidak hanya mencerminkan tingginya tingkat penjualan, tetapi juga menunjukkan kepuasan konsumen terhadap kualitas serum wajah yang mereka beli secara online.
Baca Juga: 10 Brand Parfum Terlaris di Shopee Indonesia 2025, Mana Favoritmu?
Sumber:
https://www.instagram.com/p/DLzQhv8yXoV/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==