Tren belanja online yang terus meningkat membuat popularitas e-commerce melejit. Menghimpun data Companies Market Cap, Amazon terpilih sebagai e-commerce terbesar di dunia per April 2024. Hal tersebut dilihat dari nilai kapitalisasi pasarnya yang sebesar US$1,88 triliun. Adapun Amazon duduk di posisi keenam perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.
Posisi kedua dipegang oleh Alibaba, e-commerce besutan Jack Ma, dengan kapitalisasi pasar sebesar US$185,95 miliar, nilai yang sangat jauh dibandingkan kapitalisasi pasar Amazon. Secara umum, Alibaba duduk di urutan ke-65.
Pinduoduo asal China berhasil memegang urutan ketiga dengan total kapitalisasi pasar sebesar US$176,12 miliar. Di peringkat keempat adalah Shopify asal Kanada dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$93,29 miliar. Di urutan kelima ada Mercado Libre dari Uruguay yang kapitalisasi pasarnya sebesar US$72,92.
Adapun perusahaan terbesar di dunia saat ini masih dipegang oleh Microsoft. Per 30 April 2024, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen tersebut memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$2,989 triliun.