10 Produk dengan Total Belanja Terbesar di E-Commerce Indonesia

Produk elektronik menjadi produk yang total belanjanya paling besar di e-commerce Indonesia sepanjang tahun 2023, nilainya mencapai Rp168 triliun.

Statista Market Insights mengungkapkan bahwa jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 196,47 juta pengguna di akhir tahun 2023.

Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang. Menariknya, laporan dari We Are Social mencatat bahwa produk yang paling banyak dibeli adalah produk elektronik.

Hal ini terlihat dari nilai total belanja produk elektronik di e-commerce Indonesia sepanjang tahun 2023 yang mencapai US$10,71 miliar atau setara dengan Rp168,17 triliun (kurs: Rp15.701 per US$1).

Sementara itu, posisi kedua dipegang oleh produk makanan, dengan total belanja sebesar US$6,09 miliar. Lalu, produk fashion berada di urutan ketiga dengan total belanja mencapai US$5,49 miliar sepanjang tahun 2023. 

Selain ketiga jenis produk tersebut, produk lain yang banyak dibelanjakan di e-commerce Indonesia adalah produk kecantikan, perkakas, minuman, mainan, tembakau, media simpan data fisik, hingga kebutuhan rumah tangga.

Dari banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia, pertumbuhan pengunjung paling tinggi terjadi pada Shopee dan Blibli, sementara para pesaingnya cenderung melemah. Website Shopee mendapatkan rata-rata 216 juta kunjungan per bulan di tahun 2023. Tokopedia mencatat jumlah kunjungan sebesar 97,07 juta, diikuti Lazada dengan 52,23 juta kunjungan per bulannya. 

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook