Statista Market Insights mengungkapkan bahwa jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 196,47 juta pengguna di akhir tahun 2023.
Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang. Menariknya, laporan dari We Are Social mencatat bahwa produk yang paling banyak dibeli adalah produk elektronik.
Hal ini terlihat dari nilai total belanja produk elektronik di e-commerce Indonesia sepanjang tahun 2023 yang mencapai US$10,71 miliar atau setara dengan Rp168,17 triliun (kurs: Rp15.701 per US$1).
Sementara itu, posisi kedua dipegang oleh produk makanan, dengan total belanja sebesar US$6,09 miliar. Lalu, produk fashion berada di urutan ketiga dengan total belanja mencapai US$5,49 miliar sepanjang tahun 2023.
Selain ketiga jenis produk tersebut, produk lain yang banyak dibelanjakan di e-commerce Indonesia adalah produk kecantikan, perkakas, minuman, mainan, tembakau, media simpan data fisik, hingga kebutuhan rumah tangga.
Dari banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia, pertumbuhan pengunjung paling tinggi terjadi pada Shopee dan Blibli, sementara para pesaingnya cenderung melemah. Website Shopee mendapatkan rata-rata 216 juta kunjungan per bulan di tahun 2023. Tokopedia mencatat jumlah kunjungan sebesar 97,07 juta, diikuti Lazada dengan 52,23 juta kunjungan per bulannya.