Transportasi online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia. Kemudahan penggunaan serta waktu perjalanan yang singkat membuatnya menjadi pilihan untuk bepergian. Meski sudah berkembang pesat, layanan transportasi online bukan berarti sempurna.
Melansir survei bertajuk “Pola Perilaku Masyarakat Indonesia Saat Menggunakan Transportasi Online 2023” yang diusung oleh Goodstats, beberapa pengguna masih sering mengeluhkan sulitnya mendapatkan driver. Hal ini terutama dirasakan ketika cuaca sedang tidak mendukung atau jarak tempat tujuan yang terlalu jauh.
Sebanyak 21,6% responden turut mengungkapkan bahwa driver sering datang terlambat. Beberapa pengemudi juga kadang tidak sopan dan kurang ramah terhadap penumpang, menambah daftar panjang masalah yang dihadapi selama menggunakan transportasi online.
Selain beberapa masalah di atas, pengguna juga sering mengeluh kesulitan untuk menghubungi driver dan tarif yang ditetapkan tidak sesuai. Namun demikian. 14,1% responden nyatanya merasa cukup puas dengan layanan transportasi online yang kini ada dan mengaku tidak pernah mengalami masalah sama sekali.
Survei Goodstats ini dilakukan secara online pada tanggal 8-15 Juni 2023 dan berhasil mengumpulkan 400 orang responden. Mayoritas responden berasal dari Pulau Jawa dan berusia 18-24 tahun.