8 Negara yang Paling Sering Mandi di Dunia

Di antara negara-negara di dunia, Brasil menjadi negara dengan frekuensi mandi tertinggi, hampir 99% penduduknya mandi secara rutin setiap minggu.

Terdapat perbedaan kebiasaan mandi masyarakat di berbagai negara, baik dari segi frekuensi, jenis, maupun preferensi antara mandi dan berendam. Menurut World Population Review, budaya dan kondisi iklim sangat mempengaruhi pola kebiasaan ini. 

Brasil dikenal sebagai negara dengan frekuensi mandi tertinggi di dunia. Di Negeri Samba ini, hampir seluruh penduduknya (99%) melaporkan bahwa mereka mandi secara rutin setiap minggu. Namun yang lebih menarik adalah jumlah rata-rata mereka mandi, yaitu dua kali sehari atau 14 kali dalam seminggu.

Fenomena ini sebagian besar disebabkan oleh iklim Brasil yang lembap yang membuat orang merasa perlu untuk mandi lebih sering guna menjaga kesegaran dan kebersihan. Hanya 7% dari penduduk Brasil yang lebih memilih berendam daripada mandi, menunjukkan bahwa mandi cepat di bawah pancuran air lebih populer di kalangan mereka.

Sementara itu, di Inggris, frekuensi mandi tidak seintensif di Brasil. Sekitar 83% penduduk Inggris melaporkan mandi setiap minggu. Namun, yang membuat Inggris unik adalah tingginya jumlah orang yang lebih suka berendam. Sebanyak 32% penduduk Inggris lebih memilih berendam di bak mandi daripada mandi di bawah pancuran. Kebiasaan ini dipengaruhi oleh budaya dan tradisi Inggris yang sering kali mengaitkan berendam dengan momen relaksasi.

Di Jerman, kebiasaan mandi penduduknya berada di antara Brasil dan Inggris. Sekitar 92% penduduk Jerman mandi setiap minggu, dan 20% dari mereka lebih memilih berendam. Ini menempatkan Jerman di posisi yang cukup tinggi dalam hal kebersihan, dengan kedua pilihan mandi yang cukup seimbang. Kombinasi antara mandi dan berendam ini mencerminkan keseimbangan antara efisiensi dan kenyamanan yang khas dari budaya Jerman.

Di China, mandi lebih banyak dipilih dibandingkan dengan berendam. Sebanyak 85% penduduk China melaporkan mandi secara rutin sedangkan hanya 11% yang memilih berendam. Populasi yang besar memengaruhi preferensi tersebut. Mandi di bawah pancuran dianggap sebagai metode yang paling hemat biaya dan waktu di negara dengan populasi terbesar di dunia ini.

Di Amerika Serikat, kebiasaan mandi juga lebih dominan dibandingkan dengan berendam. Sekitar 90% penduduk Amerika lebih memilih mandi sedangkan 13% lainnya lebih suka berendam. Meskipun proporsi penduduk yang memilih berendam tidak sebesar di Inggris, Amerika Serikat tetap menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk yang lebih suka berendam yang cukup tinggi di dunia. 

Dari perbedaan kebiasaan mandi di berbagai negara ini, dapat dilihat bahwa faktor-faktor seperti iklim, budaya, dan kondisi sosial-ekonomi sangat memengaruhi cara orang menjaga kebersihan diri. Meskipun cara dan frekuensinya bervariasi, yang paling penting adalah setiap orang tetap menjaga kebersihan sesuai dengan kebiasaan dan preferensi mereka masing-masing.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Jadi Top Risiko Global 2024

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook