Negara dengan Persentase Lulusan Pendidikan Tinggi Terbanyak 2023

Kanada memegang peringkat 1 negara dengan persentase lulusan pendidikan tinggi terbanyak 2023. 60% penduduk negara tersebut telah menamatkan pendidikan sarjana.

Data statistik ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis

Salah satu ukuran yang digunakan dalam mengkaji perkembangan suatu negara adalah sistem pendidikannya. Di negara-negara maju, kesempatan untuk belajar terbuka luas. Akses terhadap pendidikan dibuat semurah dan semudah mungkin. Mayoritas penduduk telah menamatkan pendidikan sampai ke tingkat SMA.

OECD baru-baru ini merilis daftar negara dengan persentase lulusan pendidikan tinggi (sarjana, magister, dan doktor) terbanyak tahun 2023. Kanada masih menjadi juara bertahan sejak tahun 2018 dengan 60% penduduknya berhasil menamatkan pendidikan tinggi.

Menyusul Kanada, Rusia berada di peringkat kedua dengan 56,67%. Angka tersebut sangatlah fantastis mengingat Rusia merupakan negara dengan penduduk terbanyak kesembilan di dunia.

Bertengger di posisi ketiga adalah Jepang. 52,7% dari penduduk di negara Matahari Terbit tersebut merupakan lulusan pendidikan tinggi. Hal ini sekaligus menjadikan Jepang negara Asia dengan lulusan pendidikan tinggi terbanyak 2023.

Luxembourg berada di posisi keempat dengan 51,3%. Angka tersebut melesat naik dari data tahun 2018 sebesar 42,86%. Posisi kelima diduduki oleh Korea Selatan dengan 50,7%, naik sebesar 4% dari tahun 2018.

Indonesia masuk ke dalam peringkat ke-44 dengan 11,9%. Hingga saat ini, tingkat lulusan pendidikan di Indonesia masih didominasi oleh lulusan SMP sebesar 62%.

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook