Waktu berbuka puasa menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu umat muslim. Melakukan aktivitas sembari menunggu waktu berbuka pada sore menjelang magrib sering disebut dengan ngabuburit.
Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan saat ngabuburit. Berdasarkan hasil survei Goodstats, sebanyak 28,4% masyarakat Indonesia memilih mempersiapkan makanan untuk berbuka sebagai aktivitas menunggu waktu berbuka. Baik itu memasak sendiri, membeli di warung, maupun membeli secara online.
Aktivitas scrolling sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan lain-lain menjadi kegiatan nomor dua tertinggi dengan persentase mencapai 23,6 persen. Nampaknya, masyarakat Indonesia lebih senang mengakses sosial media saat menunggu waktu berbuka dibandingkan beribadah.
Aktivitas di luar rumah tidak menjadi pilihan besar masyarakat dalam menunggu waktu berbuka. Pasalnya hanya 14,5% masyarakat saja yang memilih ngabuburit dengan jalan-jalan keluar rumah.
Aktivitas lain sebagai bagian dari ngabuburit banyak dihabiskan masyarakat Indonesia dengan ngobrol bersama keluarga (12,7%), bermain game (10,3%), menonton televisi (3,8%), beribadah (2,8), dan lainnya (2%).