Indonesia merupakan salah satu eksportir alas kaki untuk berbagai merk di dunia. Dilansir dari Bisnis.com, Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) mengatakan bahwa pada 2022 Indonesia tempati peringkat keenam dengan pertumbuhan kinerja ekspornya capai 28,9%.
Berdasarkan data BPS, frekuensi ekspor sepatu olahraga Indonesia dalam 10 tahun terakhir cenderung fluktuatif. Total volume ekspornya dalam rentang 2013-2022 mencapai 1,54 juta ton dengan nilai US$ 31,15 miliar.
Selama periode 2013-2022, volume ekspor terendah terdapat pada tahun 2013 karena hanya mampu mengirim 119 ribu ton sepatu olahraga atau setara US$ 2,29 miliar. Sedangkan total ekspor tertinggi terjadi di 2022 dengan total 272 ribu ton senilai US$ 5,79 miliar.
Berbicara ekspor 2022, sepanjang tahun lalu Indonesia mengirimkan produk sepatu olahraganya kepada 10 negara tujuan utama. daftar negara tersebut diantaranya Amerika Serikat 89.7 ribu ton, Belgia 33.6 ribu ton, China 28.8 ribu ton, Jerman 20.6 ribu ton, Jepang 14.4 ribu ton, Inggris 9.7 ribu ton, Meksiko 9.4 ribu ton, Korea Selatan 7.1 ribu ton, Belanda 6.1 ribu ton, dan Italia 4.6 ribu ton.