Harga Jadi Pertimbangan Utama dalam Pilih Rumah Makan

Harga dan rasa masih jadi pertimbangan utama dalam memilih restoran, meski faktor lain seperti kebersihan dan lokasi turut diperhatikan.

Pertimbangan Utama dalam Memilih Rumah Makan

(Tahun 2025)
Ukuran Fon:

Dengan semakin beragamnya restoran dengan sajian yang unik dan menggugah selera, banyak orang yang lebih memilih untuk makan di luar alih-alih memasak. Selain lebih praktis, makan di luar biasa dijadikan ajang untuk berkumpul dan melepas rindu dengan orang-orang terkasih, membuat sajian yang dihidangkan teras lebih istimewa.

Survei Jakpat menyebutkan bahwa harga menjadi pertimbangan utama dalam memilih restoran. Kini banyak rumah makan yang menyediakan harga yang terjangkau, bahkan lebih murah dibandingkan memasak sendiri di rumah.

Selain harga, faktor rasa juga jadi pertimbangan penting bagi 59% responden. Hal ini menegaskan bahwa masyarakat tidak hanya mencari restoran yang murah, namun juga punya kualitas rasa yang bisa dinikmati. Layanan dan kebersihan ada di peringkat ketiga dengan 44% responden memperhatikan hal ini.

Berikutnya, ukuran porsi juga jadi pertimbangan 43% responden, diikuti oleh lokasi (42%). Lokasi yang strategis menjadi penting dapat mendorong lebih banyak pengunjung.

Di sisi lain, 36% responden menginginkan rumah makan dengan kemudahan pemesanan dan 32% memilih restoran dengan menu yang beragam.

Adapun 32% responden mengedepankan suasana ketika memilih rumah makan. Terakhir, 31% responden memilih rumah makan lokal untuk mendukung usaha dalam negeri.

Data ini dapat menjadi masukan bagi pemilih rumah makan dalam mengembangkan usahanya. Keterjangkauan dan rasa masih jadi dua hal vital yang perlu terus diperhatikan, namun faktor lain seperti layanan, kebersihan, lokasi, hingga suasana juga tidak kalah penting. Hal ini mencerminkan karakter konsumen Indonesia yang lebih rasional dan berhati-hati pengeluaran, termasuk untuk makan di luar, namun tetap tidak mengorbankan rasa dan pengalaman pribadi selama berkunjung.

Adapun survei ini melibatkan 995 responden di 8 wilayah perkotaan di Jawa pada 2-7 September 2025. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring dengan margin of error di bawah 5%.

Baca Juga: Street Food Terbaik di Dunia, Siomay Nomor 1

Sumber:

https://insight.jakpat.net/consumer-insights-local-food-beverage-market/

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook