Indonesia menjadi negara ketiga dengan pengguna kendaraan sepeda motor terbanyak di dunia. Posisi dengan persentase 85% ini tepat di bawah Vietnam yang berada pada peringkat kedua (86%) dan Thailand pada peringkat pertama (87%).
Menurut hasil survei GoodStats terhadap 1.023 responden yang mayoritas adalah laki-laki dengan perbandingan persentase laki-laki sebanyak 65,2% dan perempuan 34,8%, orang Indonesia lebih menyukai berkendara dengan sepeda motor jenis scooter untuk bermobilisasi setiap harinya.
Merek sepeda motor yang menjadi favorit orang Indonesia untuk digunakan sehari-hari adalah Honda. Merek dengan slogan “How we move you” ini dipilih sebanyak 47% responden dalam survei tersebut.
Adapun, merek lain yang menjadi pilihan orang Indonesia adalah Yamaha (28%), Vespa (10%), Suzuki (7%), dan Kawasaki (5%).
Dari lima merek tersebut, empat di antaranya adalah merek yang berasal dari Jepang, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki sedangkan Vespa berasal dari Italia.
Konon, brand ternama dianggap memiliki value lebih terhadap produk yang mereka jual. Hal ini dapat dikatakan sejalan dengan alasan utama orang Indonesia dalam memilih merek motor, yakni mendapatkan pengaruh nama besar brand (25%).
Selain brand ternama, terdapat alasan lain orang Indonesia ketika membeli sepeda motor, yaitu mempertimbangkan onderdil motor yang mudah ditemui (20%), harga jual kembali motor yang tinggi (19%), durability (15%), dan motor yang irit bahan bakar (14%).