Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan negara dengan market e-commerce terbesar di Asia Tenggara? Ditambah dengan perilaku konsumtif masyarakatnya, tidak heran apabila banyak marketplace besar yang berhasil memanen kesuksesan di Indonesia.
Marketplace di Indonesia telah hadir sejak tahun 1996, dengan Dyviacom Intrabumi atau D-Net sebagai perintisnya. Meski begitu, popularitas marketplace baru benar-benar diakui di tahun 2018, dan semakin meningkat tinggi setelah munculnya pandemi.
Melansir survei “Pola Perilaku Masyarakat saat Belanja di Marketplace” yang diusung Goodstats pada tahun 2022 lalu, 39% responden memilih Tokopedia sebagai marketplace pilihan nomor satunya. Si Ijo ini resmi diluncurkan ke publik di tahun 2009 dan terus mengalami pertumbuhan pesat setelahnya.
Shopee menyusul di posisi kedua dengan perbedaan tipis, yakni sebesar 36%. Data tersebut juga didukung dari hasil focus group discussion yang mengungkapkan bahwa saat ini, Tokopedia dan Shopee adalah 2 marketplace raksasa yang tengah mendominasi pasar. iPrice turut mengungkapkan bahwa Tokopedia dan Shopee merupakan marketplace dengan jumlah visitor web terbanyak di Indonesia.
Urutan ketiga dipegang oleh Bukalapak dengan nilai 8% yang didirikan di tahun 2010. Bertengger di posisi keempat adalah Lazada dengan 6%. Orami menyusul di posisi kelima dan posisi terakhir dipegang oleh Blibli.