Kegiatan belanja online di Indonesia meningkat tajam semenjak pandemi Covid-19, terutama dari kalangan gen Z. Dikutip dari laporan We Are Social bertajuk Digital 2024, sebanyak 59,3% pengguna internet di Indonesia tercatat melakukan belanja online, berada di urutan kesembilan yang juga sejajar dengan India.
Aplikasi-aplikasi e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, serta Bukalapak dapat tumbuh subur di Indonesia. Bahkan, media sosial seperti TikTok memiliki situs belanja online-nya sendiri.
Menurut Indonesia Gen Z Report 2024, yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute, sekitar 72% gen Z lebih suka berbelanja lewat aplikasi Shopee, diikuti dengan 12% dari Tokopedia, dan 11% dari TikTok shop.
Akan tetapi, jika didasarkan oleh demografi, pengguna Shopee lebih didominasi oleh kaum perempuan dan Tokopedia oleh kaum laki-laki.
Terdapat beberapa alasan dibalik preferensi tersebut. Alasan pertama adalah terkait pewarnaan logo Shopee dan Tokopedia. Shopee yang menggunakan warna oranye yang membawakan kesan ceria dan fresh, sedangkan untuk Tokopedia menggunakan warna hijau memberi kesan cool dan lebih nyaman di mata.
Selain itu, keberagaman fitur dan promo juga memengaruhi preferensi pembeli. Shopee memiliki sistem promo tanggal kembar seperti 9.9 Super Shopping Day, 10.10 Brands Festival, 12.12 Birthday Sale, dan promo hari belanja musiman. Fitur Shopee juga sangat beragam, yaitu sistem COD, gratis ongkir, Shopee pay, Shopee paylater, Shopee coin, Shopee game, voucher, dan sebagainya yang membuat perempuan sangat impulsif dan menjadi kalap untuk berbelanja.
Di sisi lain, Tokopedia lebih menekankan pada user experience dan hanya memiliki fitur gratis ongkir saja. Apalagi kalau dikaitkan dengan produk yang dijualkan. Shopee lebih dominan menjualkan produk fashion seperti pakaian, produk kecantikan, aksesoris lucu, dan dekorasi unik.
Produk Tokopedia lebih didominasi dengan peralatan elektronik, perkakas rumah, alat berat, alat kesehatan atau alat-alat perhobian untuk kaum laki-laki.
Baca Juga: Minimarket Jadi Pilihan Utama Masyarakat Indonesia dalam Berbelanja