Pertamina Masuk Daftar Merek Paling Berharga di Indonesia

Pertamina meraih nilai merek tertinggi kedua di Indonesia pada 2024, mencapai US$4,5 miliar, naik signifikan dari US$3,7 miliar pada 2023.

Merek Paling Berharga di Indonesia 2024

Sumber: Brand Finance
GoodStats

Konsultan analisis Brand Finance dalam laporan bertajuk Indonesia 100 2024, mengungkapkan daftar merek paling berharga di Indonesia berdasarkan nilai merek (brand values). Nilai merek adalah perkiraan nilai dari pendapatan yang dihasilkan karena kekuatan dan reputasi merek itu sendiri (brand impact & brand strength).

Semakin kuat dan dikenal mereknya, maka semakin besar potensi pendapatan yang dapat diperoleh perusahaan dari merek tersebut. Perusahaan dapat meraih pendapatan ini karena mereka memiliki hak atas nama dan logo merek tersebut.

"Merek perbankan, tembakau, dan telekomunikasi paling menonjol di Indonesia, menguasai pangsa signifikan dalam peringkat nilai merek kami,” ujar Managing Director Asia Pacific Brand Finance, Alex Haigh dalam keterangan tertulis, dikutip (2/3/2025).

Pada peringkat pertama Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengoleksi nilai merek mencapai US$5,4 miliar, menunjukkan keberhasilannya dalam mempertahankan posisi di peringkat pertama sejak tahun 2023.

Sementara itu, Pertamina naik satu peringkat ke posisi kedua dengan nilai merek US$4,5 miliar, mengalami peningkatan signifikan dari US$3,7 miliar pada 2023. Bank Mandiri juga mengalami kenaikan peringkat, dan menduduki posisi ketiga dengan nilai US$3,7 miliar pada 2024.

Di sisi lain, Telkom Indonesia mengalami penurunan dari posisi kedua ke peringkat keempat dengan nilai merek US$3,4 miliar, lebih rendah dibandingkan capaian US$4 miliar pada 2023. Sedangkan, BCA naik ke posisi lima dengan nilai US$3,1 miliar, sedikit lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya (US$2,9 miliar).

Adapun, merek lainnya dalam sepuluh besar adalah Sampoerna (US$2,7 miliar), A Mild (US$2,3 miliar), Gudang Garam (US$1,9 miliar), BNI (US$1,8 miliar), dan PLN (US$1,7 miliar). 

Laporan ini menggambarkan pertumbuhan yang kuat di sektor perbankan dan energi di Indonesia, dengan BRI dan Pertamina mencatatkan peningkatan signifikan dalam nilai merek mereka. Di sisi lain, penurunan Telkom Indonesia mencerminkan tantangan besar di sektor telekomunikasi tanah air.

Baca Juga: Merek Smartphone Terlaris di Indonesia Q3 2024, Brand China Jadi Raja!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook