Jumlah pengguna e-commerce di Indonesia yang mencapai 200 juta pengguna di tahun 2023 sejatinya menggambarkan seberapa pentingnya kehadiran platform belanja tersebut di tanah air. Terlebih lagi sejak masa pandemi, dimana masyarakat diwajibkan untuk tinggal di rumah masing-masing, belanja online menjadi pilihan yang tak tergantikan. Salah satu produk utama yang banyak dibeli melalui e-commerce adalah FMCG (fast moving consumer goods), yang terdiri atas produk kecantikan, makanan, minuman, hingga produk kesehatan.
Melansir Indonesian FMCG E-commerce Report 2023 yang dikeluarkan Compas, produk kesehatan yang paling banyak dibeli melalu e-commerce pada tahun 2023 adalah suplemen untuk kesehatan, dengan total 25,6%. Obat-obatan tradisional menyusul di posisi kedua dengan total 14,9%. Sementara itu, urutan ketiga dipegang oleh produk detox untuk diet, dengan proporsi sebesar 10,9%.
Adapun Everlasting999 menjadi toko non-official dengan penjualan tertinggi sepanjang tahun 2023, mencapai Rp66 miliar. Flimty Official Store duduk di posisi pertama untuk toko official dengan penjualan tertinggi di tahun 2023, dengan total Rp61 miliar. Selain kedua toko tersebut, Beaudelab Official Store, Realfood Official Store, Binasyifa Official Store, dan SEHATABADI999 masuk ke daftar toko terpopuler untuk produk kesehatan.