Simak Alasan Publik Indonesia Pilih Brand Sepeda Motor

Alasan utama masyarakat Indonesia memilih brand sepeda motor adalah nama besar brand (24%) dan onderdilnya mudah ditemukan (17%).

Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Brand Sepeda Motor

(Tahun 2025)
Ukuran Fon:

Dalam survei Pola Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Memilih Sepeda Motor di 2025 yang dirilis oleh GoodStats, ditemukan beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia memilih brand sepeda motor yang mereka gunakan.

Survei ini dilaksanakan pada 1‑14 September 2025 dengan metodologi kuantitatif online survey menggunakan 1.000 panel responden Premium GoodStats yang tersegmentasi di seluruh Indonesia. Data kemudian diperkuat dengan metode kualitatif Focus Group Discussion (FGD) kepada perwakilan sampel.

Survei menemukan bahwa nama besar suatu brand sepeda motor memengaruhi keputusan pembelian sepeda motor masyarakat Indonesia. Sebanyak 24% memilih brand sepeda motor dengan alasan brand tersebut sudah terkenal akan kualitasnya yang baik dan digunakan oleh banyak orang.

Kemudian, 17% responden memilih brand sepeda motor karena onderdilnya mudah ditemukan. Brand sepeda motor yang onderdilnya selalu tersedia dan terjangkau biasanya lebih laris karena dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan cepat dan murah.

Selain itu, harga jual kembali yang tinggi pun menjadi alasan masyarakat Indonesia dalam memilih brand sepeda motor. Sebanyak 17% responden lebih memilih brand sepeda motor yang jika dijual kembali setelah pemakaian, harganya masih tetap tinggi.

Lebih lanjut, sebanyak 16% responden menganggap daya tahan sepeda motor sebagai alasan penting dalam memilih brand sepeda motor. Sepeda motor yang memiliki daya tahan yang baik cenderung lebih awet sehingga dapat mengurangi biaya perbaikan atau pergantian motor.

Harga bahan bakar yang terus naik setiap tahunnya menjadi suatu keluhan bagi pengguna sepeda motor. Maka dari itu, 13% responden memilih brand sepeda motor yang irit bahan bakar sehingga biaya yang keluar untuk bahan bakar sepeda motor pun dapat diminimasi.

Terakhir, sebanyak 9% responden memiliki alasan lainnya dalam memilih brand sepeda motor yang tidak diketahui secara spesifik.

Baca Juga: Daftar Brand Sepeda Motor Pilihan Publik Indonesia 2025, Brand Jepang Dominasi

Sumber:

https://goodstats.id/publication/pola-perilaku-masyarakat-indonesia-dalam-memilih-sepeda-motor-di-2025-KdGV3

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook