Permen kopi telah menjadi camilan favorit di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di tengah gaya hidup yang serba cepat dan instan. Tidak perlu repot menyeduh kopi, kini masyarakat bisa menghilangkan kantuknya hanya dengan mengemut permen kopi.
Berdasarkan survei GoodStats, merek Kopiko menjadi permen kopi terfavorit pilihan 75% responden.
Kopiko dikenal di Indonesia dan telah diakui secara internasional, bahkan sering tampil dalam media luar negeri, seperti di drama Korea Vincenzo.
Brand image yang kuat dan cita rasa kopi yang otentik menjadi alasan utama yang membuat Kopiko digemari mayoritas responden.
Permen ABC bertengger di urutan kedua dengan perolehan 11%, disusul Fox di posisi ketiga dengan 6%. Bon Kopi menjadi favorit bagi 5% responden, sedangkan 3% responden memilih merek lain.
Data ini menunjukkan dominasi Kopiko di pasar permen kopi Indonesia. Dengan perbedaan yang signifikan, Kopiko berhasil mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar. Konsistensi dalam promosi yang tepat juga berkontribusi pada loyalitas konsumen terhadap Kopiko.
Lebih lanjut, survei tersebut mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia lebih memilih membeli kopi siap minum dibandingkan menyeduhnya di rumah.
Mayoritas responden minum 2 gelas kopi per hari, menunjukkan bahwa kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari masyarakat Indonesia. Kopi bukan hanya soal rasa, tetapi juga menjadi bagian dari rutinitas harian dan kenikmatan sederhana di tengah kesibukan duniawi.
Adapun survei dilakukan pada 15-28 September 2024 dengan metodologi online melibatkan 1.000 responden dari seluruh wilayah Indonesia.
Baca Juga: 5 Merek Kopi Bubuk yang Paling Banyak Diminum Orang Indonesia 2023