Simak Rata-Rata Penonton Mobile Legends Professional League Indonesia per Musim

Sejak diterapkan sistem franchise league, jumlah rata-rata penonton Mobile Legends Professional League Indonesia mengalami peningkatan.

Rata-Rata Penonton MPL ID Sejak Diterapkan Sistem Franchise League

Sumber: Esports Chart
GoodStats

Mobile Legends merupakan salah satu mobile game terpopuler di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tsurvey.id tahun 2022, Mobile Legend disukai oleh 67% masyarakat Indonesia.

Popularitas Mobile Legends berpengaruh positif terhadap pelaksanaan turnamen resminya yaitu Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID). Berdasarkan data dari Esport Charts, sebuah perusahaan yang menghimpun jumlah viewership turnamen esport dari berbagai kanal live streaming, beberapa seri MPL ID memiliki watch hours tertinggi di Indonesia dibanding turnamen esport lainnya.

MPL ID pertama kali digelar pada tahun 2018. Setiap tahun pelaksanaan, MPL ID dibagi menjadi 2 season, yaitu season ganjil dan season genap. Pada 3 season pertama, turnamen ini dapat diikuti oleh berbagai tim komunitas melalui babak kualifikasi dan diterapkan sistem promosi dan degradasi untuk season selanjutnya.

Namun, mulai MPL ID Season 4, turnamen ini berubah sistem menjadi franchise league, yang artinya hanya 8 tim yang berinvestasi kepada MPL saja yang dapat mengikuti turnamen, tanpa diterapkan sistem promosi dan degradasi pada season berikutnya. 

Berdasarkan data dari Esport Charts, sejak diterapkan sistem franchise league, rata-rata penonton cenderung meningkat.

Pada MPL ID Season 4, rata-rata penonton berjumlah 50 ribu penonton. Memasuki MPL ID Season 5, jumlah rata-rata penonton mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 123 ribu penonton meskipun beberapa pertandingan harus dilaksanakan secara online akibat pandemi Covid-19.

Selanjutnya pada MPL ID Season 6, dengan sistem pertandingan yang masih online, rata-rata penonton mengalami sedikit peningkatan menjadi 163 ribu penonton.

Pada MPL ID Season 7, pelaksanaan pertandingan kembali dilakukan secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah rata-rata penonton meningkat signifikan, hampir dua kali lipat dari season sebelumnya yaitu menjadi 320 ribu penonton. Rata-rata penonton kembali meningkat signifikan pada MPL ID Season 8, yaitu menjadi 447 ribu penonton.

Jumlah penonton pada MPL ID Season 8 menuju season 9 dan 10 mengalami stagnasi. Pada MPL ID Season 9 rata-rata penonton tercatat sebanyak 442 ribu penonton dan 441 ribu penonton untuk MPL ID Season 10. 

Penurunan jumlah rata-rata penonton yang signifikan terjadi pada MPL ID Season 11, rata-rata penonton menurun sekitar 8% dari MPL ID Season 10 menjadi 358 ribu penonton.

Belajar dari penurunan pada season sebelumnya, memasuki musim ke-12, MPL ID mencoba berinovasi dengan menambah tim peserta menjadi 9 tim. Hasilnya jumlah rata-rata penonton meningkat menjadi 520 ribu penonton dan menjadi season dengan rata-rata jumlah penonton saat ini.

Pada MPL ID Season 13 jumlah penonton kembali mengalami penurunan menjadi 465 ribu penonton, meskipun begitu jumlah ini masih lebih banyak dibanding musim-musim sebelumnya.

Pada MPL ID Season ke 14, rata-rata penonton kembali menurun menjadi 430 ribu penonton, meskipun begitu jumlah tersebut masih berpotensi meningkat mengingat pelaksanaan babak playoff MPL ID Season 14 baru dimulai tanggal 23 Oktober 2024 hingga 27 Oktober 2024. Hal ini dijelaskan oleh Rodion Harbunov, seorang Data Analyst Esport Charts

Berdasarkan analitik Esports Charts, viewership MPL ID di tahun 2024 memiliki potensi untuk memecahkan rekor baru, khususnya jika tim besar seperti RRQ Hoshi maju ke babak final,” kata Harbunov pada Selasa (22/10) yang dimuat di ggwp.id.

Baca Juga: 10 Game Esports Paling Populer Sepanjang 2023, Mobile Legend Urutan Berapa?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook