10 Provinsi dengan Potensi Energi Terbarukan Terbesar di Indonesia

Ini adalah data 10 provinsi dengan potensi energi terbarukan terbesar di Indonesia berdasarkan publikasi dari IESR.

Data statistik ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis

Berdasarkan data Indonesia energy outlook dari Institute for Essential Services Reform (IESR) pada tahun 2019, diketahui bahwa potensi energi terbarukan di Indonesia cukup besar. Dari data tersebut, Provinsi Kalimantan Barat menempati peringkat pertama dengan potensi energi sebesar 26,841 MegaWatt (MW).

Disusul dengan Provinsi Papua di posisi kedua dengan potensi sebesar 26,529 MW. Lalu posisi ketiga ditempati oleh Provinsi Jawa Barat dengan potensi sebesar 26,190 MW.

Sementara itu, Jawa Tengah justru berada pada urutan terakhir pada 10 besar provinsi dengan potensi EBT terbesar di Indonesia, dengan potensi sebesar 19.450 MW. Nilai potensi ini lebih rendah dari Kalimantan Tengah di posisi kesembilan, Sumatra Selatan di posisi kedelapan, dan Nusa Tenggara Barat di posisi ketujuh. Dengan potensi EBT masing-masing provinsi tersebut adalah sebesar 19,568 MW; 21,866 MW; dan 21,991 MW.

Adapun di peringkat pertengahan terdapat Jawa Timur dengan potensi sebesar 24,240 MW, Kalimantan timur dengan 23,841 MW, dan Sumatera Utara dengan 22,478 potensi EBT. Angka ini membuat Jawa Timur berada di posisi keempat, Kalimantan Timur di posisi kelima, dan posisi keenam ditempati oleh Sumatera Barat. 

Namun sayangnya, nilai potensi yang ada tidak sepenuhnya linier dengan kapasitas instalasi EBT yang terpasang atau nilai pemanfaatan energi pada provinsi tersebut. Misalnya Kalimantan Barat yang baru memiliki kapasitas terpasang sebesar 247 MW dari total potensi 26,841 MW.

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook