10 PTN dengan Pendaftar Terbanyak pada SNBP 2024

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi PTN dengan pendaftar terbanyak dalam SNBP tahun 2024 dengan pendaftar sebanyak 36.033 orang..

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 telah usai. Penerimaan seleksi masuk perguruan tinggi dengan rapor dan prestasi akademik maupun non akademik ini diumumkan pada Selasa, 26 Maret 2024 pukul 15.00 WIB.

Dalam SNBP tahun 2024 tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mencatat terdapat 156.029 siswa yang lolos seleksi ini.

Berdasarkan data Kemendikbud Ristek, ribuan siswa tersebut paling banyak mendaftarkan diri kepada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam SNBP tahun ini.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Bandung tersebut memiliki pendaftar mencapai 36.033 orang sedangkan total kuota penerimaan hanya sebanyak 3.363 orang.

Dilansir dari Tempo.co, Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru di Direktorat Pendidikan UPI pada Rabu (27/3) mengungkapkan bahwa UPI menerima 1.009 peserta SNBP yang memegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Ahmad juga menuturkan terdapat tiga Program Studi (Prodi) UPI dengan tingkat keketatan yang tinggi se-Indonesia, yaitu Prodi Manajemen yang berada pada peringkat ke satu dengan keketatan 1,12%, Prodi Kedokteran pada peringkat ke-6 dengan keketatan 1,45%, dan Prodi Pendidikan Ilmu Komunikasi di peringkat ke-7 dengan keketatan 1,45%.

Selain UPI, perguruan tinggi negeri (PTN) dengan jumlah pendaftar terbanyak kedua dan ketiga ditempati oleh Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Brawijaya (UB). Undip memiliki total pendaftar sebanyak sebanyak 34.658 siswa dan UB sebanyak 31.368 siswa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook