Makanan dan minuman menjadi salah satu jenis produk yang paling banyak dibeli melalu e-commerce sepanjang tahun 2023. Menghimpun data Indonesian FMCG E-commerce Report 2023 yang dikeluarkan oleh Compas, makanan dan minuman menempati urutan kedua produk FMCG yang paling banyak dibeli di e-commerce, dengan proporsi sebanyak 20,4%. 18,3% responden mengaku lebih sering membeli produk minuman, disusul makanan pokok, makanan beku, snack, dan dairy product dengan proporsi berikut.
- 18,3% responden lebih sering membeli minuman.
- 17,6% responden lebih sering membeli makanan pokok.
- 17,3% responden lebih sering membeli makanan beku.
- 13,5% responden lebih sering membeli snack.
- 12,8% responden lebih sering membeli dairy product.
Dari 18,3% responden yang mengaku sering membeli minuman, 6,2% mengaku lebih banyak membeli kopi. Sejalan dengan itu, menurut Laporan Momentum Works, Coffee in Southeast Asia: Modernising Retail of the Daily Beverage, Indonesia menjadi raja kopi di Asia Tenggara dengan menguasai 27,7% dari total nilai pasar kopi modern di Asia Tenggara. Konsumsi kopi di Indonesia juga terus meningkat dari tahun ke tahun.
Teh menyusul di posisi kedua dengan total 2,8%, minuman herbal dan tradisional dengan 2%, jus dengan 1,9%, serta minuman bubuk dengan total 1,8%. Sisanya sebanyak 3,7% responden memilih jenis minuman lain.