Di era digital saat ini, laptop merupakan salah satu kebutuhan utama untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tidak hanya sebagai hiburan, laptop digunakan untuk bekerja dan belajar dari mana saja. Kepraktisan yang ditawarkan oleh produk ini menjadikannya perangkat esensial bagi banyak orang.
International Data Corporation (IDC) telah merilis laporan terkait merek laptop dengan penjualan terbanyak di seluruh dunia. Laporan ini meliputi market share dan juga total pengiriman pada kuartal pertama tahun 2024.
Pada urutan pertama terdapat Lenovo dengan jumlah pengiriman sebanyak 13,7 juta unit. Merek laptop asal Tiongkok tersebut menguasai 23% pangsa pasar global, tertinggi di antara merek-merek lainnya. ThinkPad dan Yoga menjadi seri laptop yang paling diminati oleh dunia.
Selanjutnya, Hewlett-Packard (HP) menempati urutan kedua dengan pengiriman sebanyak 12 juta unit atau sekitar 20,1% dari semua penjualan laptop di dunia. Seri Spectre digadang-gadang sebagai seri terbaik dari perusahaan asal California tersebut.
Pada peringkat ketiga adalah Dell yang menguasai 15,5% pasar dengan penjualan sebanyak 9,3 juta unit. Merek ini terkenal memiliki produk dengan performa tinggi seperti seri Alienware.
Menyusul Dell, dengan produk-produk berdesain elegan, Apple menduduki peringkat keempat global. Apple menguasai 8,1% pangsa pasar dan berhasil menjual 4,8 juta unit produk yang dikirim ke seluruh dunia. Apple sudah lama mendunia dengan produk-produk andalannya seperti Macbook Air dan Macbook Pro.
Kedua merek terakhir memiliki pangsa pasar yang tidak terlalu jauh berbeda satu sama lain, yaitu Acer dan ASUS. Masing-masing dari merek ini menguasai 6,2% dan 6,1% dari penjualan laptop di seluruh dunia.
Baca Juga: Warga RI Terlama Main Gadget di Dunia