Setiap tahunnya, di tanggal 12 Desember, diperingati Hari Belanja Online Nasional, atau biasa disingkat Harbolnas. Pada momen ini, banyak sejumlah brand kerap memberikan promosi besar-besaran, membuat pelanggan sering kali kalap memborong produk incarannya. Salah satu produk yang turut kena imbas dari Harbolnas ini adalah coklat. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan brand coklatnya. Beberapa brand coklat ini mungkin sudah tidak lagi asing di telingamu, seperti Cadbury, Delfi, hingga Silverqueen.
Compas Dashboard mengungkapkan, Silverqueen berhasil memuncaki daftar coklat terlaris pada Harbolnas 2022. Brand tersebut memperoleh pangsa pasar sebesar 22,3%, nyaris 2 kali lipat dari Cadbury yang duduk di urutan kedua dengan 12,51%.
Brand coklat Milo duduk di peringkat ketiga dengan market share sebesar 12,4%. Delfi menyusul tipis di urutan keempat dengan 10,47%. Coklat sultan, Kinder Joy, berada di posisi kelima dengan 3,2%.
Sementara itu, data diatas diambil dari total penjualan online terhadap produk coklat kategori coklat permen yang dijual di toko resmi maupun toko tidak resmi dari platform Shopee dan Tokopedia saja. Data diambil dalam periode Harbolnas, yakni bulan September hingga Desember 2022.