Drama Korea Dominasi Tontonan Netflix Orang Indonesia di Tahun 2024

7 dari 10 Serial terpopuler di Platform Netflix merupakan serial yang berasal dari Korea Selatan.

Serial Terpopuler yang Ditonton Orang Indonesia di Platform Netflix

(2024)
Ukuran Fon:

Menurut data dari We Are Social dan Melwater Digital 2025, masyarakat Indonesia menunjukan minat yang tinggi terhadap layanan streaming video di sepanjang tahun 2024, diantaranya Netflix.

Netflix adalah sebuah platform streaming video dari amerika serikat. Netflix telah tersebar ke berbagai negara, sebanyak 190 negara telah menikmati layanan ini termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Netflix mulai masuk pada Januari 2016.

Pada tahun 2024, drama Korea “Queen of Tears” menjadi serial yang paling diminati di Indonesia. Series ini menempati posisi pertama sebagai serial dengan jumlah streaming terbanyak di Indonesia dengan skor indeks 100. Posisi berikutnya diikuti oleh “Pay Later”, series yang berasal dari Indonesia dengan skor Indeks 80.

Selain itu, terdapat serial live action “Avatar: The Last Airbender” yang sempat menjadi perbincangan hangat di jagat maya, serial ini menempati posisi ke-6 dan anime “Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba” yang berada di posisi ke-7.

Hal yang menarik adalah 7 dari 10 serial dan TV show yang paling banyak ditonton di Netflix Indonesia ialah serial yang berasal dari Korea Selatan. Tren serupa pun terjadi di platform streaming lain, seperti Amazon Prime Video.

Pada platform tersebut 6 dari 10 serial terpopuler justru berasal dari Korea Selatan. Fenomena ini menunjukan bahwa serial Korea sedang mendominasi industri hiburan khususnya serial dan TV show di Indonesia.

Layanan streaming video menjadi salah satu aktivitas yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, rata-rata masyarakat dapat menghabiskan waktu hingga 1 jam 9 menit dalam satu harinya.

Layanan berlangganan streaming film menempati posisi tertinggi sebagai layanan hiburan yang dipilih masyarakat dengan 34,7%, disusul oleh streaming musik 24%, dan berlangganan gim 22,2%.

Dari segi ekonomi, masyarakat Indonesia telah menggelontorkan dana sebesar $760 juta untuk berlangganan platform streaming video di tahun 2024, angka meningkat sebesar $90 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dalam satu kali pembelian, rata-rata masyarakat mengeluarkan biaya $9,03 untuk berlangganan layanan streaming video.

Baca Juga: Squid Game 3 Duduki Peringkat 1 Netflix Global

Sumber: 

https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/

https://www.tempo.co/digital/layanan-streaming-film-netflix-masuk-indonesia-1393066

https://ir.netflix.net/ir-overview/profile/default.aspx

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook