Sebagai media informasi yang ringkas dan mudah dipersonalisasi, podcast sangat relevan digunakan di era modern. Durasi podcast juga menjadi perhatian penting bagi para kreator konten audio, terutama di kalangan generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia.
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute terhadap 1.500 responden Milenial dan Gen Z, masing-masing 750 orang dari 12 kota besar di Indonesia pada 17-29 Mei 2024, mayoritas pendengar dari kedua kelompok generasi ini memiliki preferensi yang jelas. Podcast dengan episode seimbang antara isi konten dan durasi yang tidak terlalu panjang menjadi pilihan utama.
Sebanyak 43% responden memilih durasi 30–60 menit sebagai favorit. Durasi ini dianggap ideal untuk membahas topik secara mendalam tanpa terasa membosankan dan berlebihan. Sementara itu, 38% responden lebih menyukai podcast berdurasi 20–30 menit. Preferensi ini mencerminkan tingginya permintaan terhadap konten yang cepat, ringkas, dan mudah dipahami.
Hanya 12% pendengar yang menyukai podcast berdurasi kurang dari 20 menit, sedangkan 7% memilih durasi lebih dari 60 menit. Hal ini mengindikasikan bahwa episode yang terlalu pendek sering kali dianggap kurang memuaskan, sementara durasi yang terlalu panjang cenderung membuat pendengar cepat bosan.
Pilihan durasi ini menunjukkan bahwa bagi banyak orang, podcast adalah teman saat bepergian, berolahraga, atau beristirahat. Tidak terlalu lama tapi cukup untuk memberikan wawasan baru, hiburan, atau inspirasi di tengah jadwal yang padat.
Preferensi tersebut memberikan panduan penting bagi para kreator podcast dalam membuat konten yang bernilai dan relevan, sekaligus memperhatikan efisiensi durasi. Meski begitu, kualitas konten juga penting untuk diperhatikan.
"Durasi dalam satu episode podcast bukanlah faktor penentu utama kesuksesan. Kualitas konten dan relevansi bagi audiens jauh lebih penting dalam membangun keterlibatan pendengar," ungkap Kendall Breitman, social media and community expert dari Riverside dalam artikelnya, Rabu (18/12/2024).
Memilih podcast dengan durasi pendek atau panjang, dua-duanya punya kelebihan masing-masing, yang paling penting, isinya bermanfaat dan disampaikan dengan konsisten.
Baca Juga: Indonesia Jadi Negara dengan Pendengar Podcast Terbanyak 2025