IBL 2024: Borneo Hornbills Tutup Gerbang Playoff

Indonesia Basketball League (IBL) 2024 akan mempertemukan 8 tim papan atas dengan format best of three dan laga kandang-tandang.

Babak delapan besar Indonesia Basketball League (IBL) 2024 sudah di depan mata. Dengan dilanjutkannya pertandingan antara Prawira Harum Bandung dan Kesatria Bengawan Solo yang sempat ditunda, maka peringkat klasemen akhir sudah ditetapkan.

Dewa United Banten finis di peringkat pertama dengan mengoleksi 22 kemenangan dan 4 kekalahan. Tim yang digadang-gadangkan akan menjadi juara musim 2024 ini hanya kalah dari 4 tim papan atas masing-masing sekali.

Sempat membalap posisi Dewa United, Pelita Jaya (PJ) Jakarta harus puas di peringkat kedua. Kekalahan pada pertandingan terakhir melawan Satria Muda Jakarta menambah jumlah kekalahan PJ menjadi 5 kali dan 21 kemenangan.

Meskipun Prawira Harum Bandung memiliki jumlah kalah-menang yang sama dengan Pelita Jaya dan secara head-to-head seri 1-1, selisih poin PJ yang jauh di atas Prawira menempatkan tim Kota Kembang ini di bawah PJ. Sempat jatuh pada posisi ambang batas, Prawira berhasil mengunci peringkat ketiga.

Kesatria Bengawan Solo (KBS) dan Satria Muda (SM) Jakarta sama-sama mengoleksi 19 kemenangan dan 7 kekalahan. Namun, secara head-to-head, KBS Unggul dari SM, di mana KBS menyapu bersih dua pertandingan melawan SM. Dengan begitu, SM terhenti di peringkat kelima.

Peringkat keenam dihuni oleh RANS Simba Bogor. Tim milik Gading Marten itu sudah mengoleksi 16 kemenangan dan 10 kekalahan. Sementara itu, Bali United Basketball memiliki jumlah kalah-menang yang seimbang. Dengan 13 kemenangan dan 13 kali kalah, Bali United finis di peringkat ketujuh.

Sempat terseok-seok di awal dengan pergantian pemain hingga pelatih, Borneo Hornbills berhasil menutup gerbang playoff pada musim ini. Hingga pertandingan terakhirnya melawan Prawira, Borneo Hornbills finis dengan 11 kemenangan dan 15 kekalahan. 

Dengan dikuncinya klasemen akhir musim reguler IBL 2024 ini, jadwal partai playoff pun sudah ditetapkan. Sistem home-away game masih diberlakukan, begitu pula best of three, di mana dua tim akan bertanding sebanyak tiga kali untuk mencapai babak semifinal.

Pada pekan pertama yang dimulai pada 11 Juli 2024 mendatang, Prawira Harum Bandung akan melawan RANS Simba Bogor. Diselenggarakan di kota berbeda, Satria Muda Jakarta akan menantang Kesatria Bengawan Solo. 

Pekan selanjutnya akan mempertemukan Dewa United Banten dengan Borneo Hornbills. Sementara Pelita Jaya Jakarta akan bertemu Bali United Basketball.

Baca Juga: Daftar Tim Langganan Juara Basketball Champions League Asia

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook