Menurut Digital Report 2024, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Terdapat sekitar 185,3 juta pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2024 dengan tingkat penetrasi internet mencapai 66,5%.
Adapun alasan penggunaan internet ini sangat beragam. Sebanyak 83,1% responden mengaku menggunakan internet untuk menemukan informasi. Selain itu, 70,9% responden lain menggunakan internet untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Internet membantu mendekatkan mereka yang jauh melalui berbagai media sosial yang tersedia.
Sebanyak 70,6% responden mengaku menggunakan internet untuk menemukan ide baru dan mencari inspirasi. Ada pula yang menggunakan internet untuk mengisi waktu luang, mengikuti berita dan kejadian terkini, serta untuk menonton video, TV, dan film.
Sementara itu, WhatsApp menjadi media sosial dengan pengguna terbesar di Indonesia, mencapai 90,9%. Instagram berada di urutan kedua dengan 85,3%, diikuti Facebook (81,6%), dan TikTok (73,5%).
Meskipun pertumbuhannya sangat pesat, beberapa daerah di Indonesia masih belum mendapat akses internet yang memadai. Pemerintah perlu meningkatkan pemerataan dan literasi digital di seluruh kawasan tanah air.
Potensi pertumbuhan ekonomi digital di tanah air juga semakin besar hal, mengindikasikan bahwa Indonesia sedang memasuki era baru di mana teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian tak terpisahkan oleh kehidupan sehari-hari.
Baca Juga: Ini Dia Alasan Masyarakat Indonesia Enggan Lakukan Investasi Digital