Lamine Yamal Bantu Spanyol Menuju Final Euro 2024

Lamine Yamal terpilih sebagai Player of the Match, memegang rating tertinggi dalam laga kontra Prancis dengan nilai 8,0.

Spanyol baru saja menyelesaikan pertandingan semifinal kontra Prancis (10/7) pada UEFA Euro 2024. Lamine Yamal sebagai pemain termuda sepanjang sejarah UEFA Euro kembali merumput ke lapangan sebagai starting lineup. Bermain di posisi sayap kanan, Lamine Yamal memberikan kontribusi penting untuk Spanyol di laga tersebut.

Lamine Yamal memulai debut pertamanya dengan seragam Spanyol pada 1 Februari 2022 lalu. Kala itu Yamal masih membela Spanyol U-15, usianya masih 14 tahun 6 bulan 19 hari. Sebelum masuk ke timnas utama, Lamine Yamal juga pernah membela Spanyol U-19 pada 25 Oktober 2022 lalu.

Di usianya yang belum genap 17 tahun, Wonderkid Spanyol tersebut membuat sejarah baru dengan menjadi pemain termuda yang tampil di semifinal turnamen internasional besar, rekor yang sebelumnya dipegang oleh Pele dari Brasil (17 tahun 244 hari) ketika melawan Prancis di Piala Dunia 1958.

Namun lebih dari itu, pemain sayap Barcelona tersebut nampak kurang puas dengan rekor yang dipecahkannya. Ia kini berhasil melampaui Pele – yang mencetak gol pada usia 17 tahun 239 hari melawan Wales di Piala Dunia 1958 – sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah di kedua turnamen besar tersebut.

Gol Lamine Yamal berhasil menyamakan kedudukan Spanyol. Sebelumnya, Prancis berhasil merobek jala gawang Spanyol melalui sundulan dari Randal Kolo Muani yang diterimanya dari umpan Kylian Mbappé pada menit ke-9.

Tak lama berselang, keunggulan Prancis pupus. Pada menit ke-21, Lamine Yamal melalui kaki kirinya sukses mencatatkan namanya di papan skor. Sayap kanan Spanyol tersebut bahkan melakukan sihirnya di luar kotak penalti.

Yamal menggeser bola ke kaki kirinya, melesat melewati Rabiot. Dia mengirimkan tendangan melengkung ke arah pojok atas, membentur tiang sebelum terbang ke bagian belakang gawang.

Selang beberapa saat pada menit ke-25, Spanyol kembali mencetak gol, membuat kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Spanyol. Skor tersebut tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan. Spanyol berhasil keluar sebagai pemenang dan menuju final.

Lamine Yamal pun terpilih sebagai Player of the Match, pemegang salah satu rating tertinggi di laga tersebut. Pemain itu diberi nilai 8,0.

Baca Juga: Tampil Apik, Lamine Yamal Jadi Pemain Termuda Euro 2024

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook