Perjalanan Prancis ke Semifinal Euro 2024: Hanya Bermodalkan Penalti dan Own Goal

Perjalanan Prancis hingga semifinal hanya dengan tiga gol ke gawang lawan. Satu dari tendangan penalti dan sisanya gol bunuh diri lawan.

Ajang sepak bola terkemuka UEFA Euro 2024 akhirnya mencapai babak semifinal. Empat negara yang berhasil lolos ke semifinal adalah Inggris, Spanyol, Prancis, dan Belanda. Salah satu hal yang menarik untuk dibahas adalah sejarah perjalanan pasukan Ayam Jantan hingga tiba di Semifinal Euro 2024.

Timnas Prancis yang diasuh oleh Didier Deschamps sebagai pelatih utama tersebut tergabung dalam Grup D dan lolos sebagai runner up grup. Nyatanya, Mbappe dan kawan-kawan berhasil sampai ke semifinal dengan hanya bermodalkan tiga gol ke gawang lawan.

Tim Ayam Jantan sukses melangkah hingga Semifinal Euro 2024 tanpa mengantongi gol hasil permainan play on. Salah satu gol Prancis berasal dari tendangan penalti, sedangkan sisanya lagi merupakan gol bunuh diri tim lawan.

Pada pertandingan pertama, Prancis dipertemukan dengan Austria. Les Bleus berjaya di laga pembukanya di Euro 2024 tersebut dengan satu gol tanpa balas. Gol ini tercipta akibat gol bunuh diri bek tengah Austria, Maximilian Wöber. Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan ke-100 dari Didier Deschamps sebagai kepala pelatih Prancis di Dusseldorf.

Pertandingan kedua Prancis di Leipzig Stadium merupakan pertandingan dalam Grup D melawan Belanda. Pada laga tersebut, hingga akhir peluit panjang ditiup oleh wasit Anthony Taylor sebagai tanda laga usai, tidak ada satu gol pun yang tercipta. Prancis dan Belanda harus rela berbagi poin atas hasil imbang tersebut.

Selanjutnya saat berhadapan dengan Polandia, pertandingan di BVB Stadion Dortmund tersebut juga berakhir imbang dengan skor 1-1. Satu-satunya gol Prancis tersebut tercipta melalui eksekusi adu penalti oleh Mbappe di menit ke-56 usai pelanggaran yang dilakukan Adrien Rabiot dalam kotak penalti.

Dengan mengoleksi lima poin, Prancis melanjutkan langkah ke babak perempat final sebagai runner up grup. Di laga perebutan tiket semifinal tersebut, Prancis berhadapan dengan Belgia di Düsseldorf Arena. Prancis lagi-lagi mendapat keuntungan dari gol bunuh diri, kali ini datang dari Jan Vertonghen di menit-menit akhir. Hanya satu gol tersebut tercipta selama pertandingan sehingga Prancis dapat mengamankan posisi mereka.

Terakhir di quarter final, Les Bleus berhadapan dengan Portugal di Volksparkstadion. yang mana hingga akhir pertandingan, tak ada satu gol pun yang tercipta walaupun sudah menuju babak extra time. Drama adu penalti menjadi penentu kemenangan, Joao Felix sayangnya gagal mengeksekusi adu penalti untuk Portugal.

Prancis pun keluar sebagai pemenang dan memastikan posisinya di semifinal usai tendangan penalti terakhir yang dieksekusi oleh Theo Hernández.

Kini, Prancis terpaksa mengakui keunggulan Spanyol usai dikalahkan di laga semifinal. Spanyol unggul 2-1, Mbappe dan kawan-kawan gagal menuju Final Euro 2024. 

Baca Juga: Jelang Perempat Final, Cek Top Scorer Sementara Euro 2024!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook