Persentase Lulusan SMA ke Atas Naik Tiap Tahun, Didominasi Laki-laki

Meskipun lebih sedikit, proporsi perempuan lulusan SMA ke atas tumbuh lebih pesat daripada laki-laki.

United Nations’ Human Development Index (UNHDI) menetapkan Indonesia di peringkat ke-107 dunia untuk sistem pendidikannya. Data dari UNHDI ini memperhitungkan faktor seperti lama waktu pendidikan, prestasi akademik di berbagai tingkat pendidikan, juga jumlah lulusan berbagai tingkat pendidikan. Nilai yang diberikan untuk sistem pendidikan Indonesia yaitu 0,552, berada jauh di bawah Malaysia dan Singapura.

Meski begitu, dalam lima tahun terakhir, terlihat peningkatan pada banyaknya lulusan jenjang pendidikan SMA hingga perguruan tinggi di tanah air. Pada data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) ini, lulusan pendidikan SMA ke atas masih didominasi oleh laki-laki. Meskipun begitu, proporsi keduanya masih di bawah angka 50%.

Pada 2018, terdapat 38,27% laki-laki Indonesia yang memiliki ijazah pendidikan tingkat SMA hingga perguruan tinggi. Sementara itu, hanya ada 30,99% perempuan Indonesia yang bernasib sama.

Angka ini meningkat setidaknya 1% pada tahun-tahun berikutnya. Peningkatan tertinggi terjadi pada 2020. Pada tahun sebelumnya, terdapat 39,77% laki-laki dan 31,85% perempuan yang berhasil merampungkan pendidikan SMA ke atas. Kemudian, pada 2020, terdapat 41,63% laki-laki dan 34,63% perempuan yang memperoleh ijazah tingkat SMA ke atas.

Namun, terjadi sedikit penurunan pada proporsi laki-laki di 2021, sementara kenaikan terus dialami pada proporsi perempuan dalam menempuh pendidikan. Saat itu, ada 41,3% laki-laki dan 34,63% perempuan yang berhasil menyelesaikan pendidikan menengah ke atas.

Sementara kenaikan persentase lulusan SMA ke atas untuk laki-laki berjalan lambat, lulusan perempuan makin banyak pada 2022. Terdapat 42,06% laki-laki dan 36,95% perempuan yang lulus pendidikan tingkat SMA hingga perguruan tinggi.

Tuntutan hidup memaksa perempuan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan proporsi lulusan SMA ke atas perempuan yang semakin sama dengan laki-laki di 2023. Peningkatan yang diperoleh laki-laki Indonesia malah tidak sampai 1%.

Tepatnya pada 2023, terdapat 42,62% laki-laki Indonesia dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan menengah ke atas. Sementara itu, ada 37,6% perempuan Indonesia yang berhasil menamatkan pendidikan setidaknya SMA sederajat.

Baca Juga: Menilik Kesenjangan Pendidikan Global, Bagaimana dengan Indonesia?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook