Belanja dan berjualan online sekarang jadi hal lumrah di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan tersedianya akses internet, masyarakat diberi akses lebih mudah untuk mengetahui informasi tentang sebuah produk.
Hal ini digunakan pula oleh para penjual untuk mempromosikan produknya di berbagai platform media sosial, salah satunya lewat live shopping.
Hasil survei dari Jajak Pendapat (Jakpat) menunjukkan bahwa Shopee Live dan TikTok Live jadi dua platform paling banyak digunakan untuk live shopping. Di posisi pertama, sebanyak 57% responden yang melakukan jual online, mempromosikan produknya lewat platform jual-beli Shopee Live. Kemudian, posisi kedua ditempati oleh TikTok Live yang digunakan oleh 49% responden.
β6 dari 10 penjual online melakukan siaran langsung dengan Shopee Live,β tulis Jakpat.
Jakpat juga menjelaskan dalam rilisnya, jika dari segi fungsi Shopee Live terbukti menghasilkan penjualan terbanyak. Sementara itu, TikTok Live cenderung mendatangkan lebih banyak pengunjung.
Selain dua platform tadi, platform media sosial juga kerap digunakan sebagai media promosi. Sebanyak 22% responden mengaku menggunakan Instagram Live untuk mengenalkan produknya.
Ada juga yang menggunakan Facebook Live dengan persentase sebesar 21%. Sementara, posisi terakhir ditempati oleh Tokopedia Live. Diketahui, hanya 18% responden menggunakan aplikasi jual-beli online tersebut.
Data ini merupakan hasil rilis Jakpat yang bertajuk All About Online Selling Habit. Dalam laporannya, terdapat 184 orang yang terlibat dalam survei, yang dilakukan pada 19-20 Maret 2024. Semua responden diklaim telah menggunakan media fitur live shopping untuk mempromosikan produk jualannya.
βHal ini menjadi peluang besar bagi para online seller, terutama UMKM, untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan mereka,β ujar Research Lead Farida Hasna dilansir dari IndoTelko.
Baca Juga: Perempuan Indonesia Lebih Suka Belanja Online Lewat Shopee