Teknologi seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan gen Z. Apalagi, gen Z telah menikmati perkembangan teknologi yang sangat maju bahkan sejak masih sangat muda. Media sosial menjadi kebutuhan yang tak bisa lagi ditinggalkan. Kehidupan lebih sering dilakukan secara online ketimbang offline. Internet menjadi rumah baru, dunia nyata seolah terlupakan.
Menurut Indonesia Gen Z Report yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute, kebanyakan gen Z mengaku menghabiskan 1-6 jam per hari untuk menggunakan media sosial. Hanya segelintir responden yang menghabiskan kurang dari 1 jam per hari di media sosial. Sementara itu, 5% responden mengaku menghabiskan lebih dari 10 jam online.
Apabila dilihat lebih lanjut, kebanyakan responden mengaku menggunakan media sosial untuk mengakses berita dan informasi terbaru. Sementara itu, 15% responden menggunakan media sosial untuk membangun hubungan sosial dan mencari koneksi. Segelintir responden menjabarkan bahwa mereka menggunakan media sosial untuk mengikuti influencers.
Untuk media sosialnya sendiri, Instagram masih jadi jejaring media sosial yang paling banyak digunakan oleh gen Z di Indonesia, dengan proporsi lebih dari 50%. TikTok menyusul di posisi kedua, disusul X dan terakhir Facebook.